Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) terus berupaya secara maksimal pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sebagai upaya mengejar target hingga akhir tahun  mencapai 70 persen masyarakat sudah tervaksin.

Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya di Seirampah, Selasa (23/11), mengatakan pihaknya berharap target pelaksanaan program vaksinasi di "Tanah Bertuah Negeri Beradat" bisa segera tercapai demi menciptakan herd immunity.

Untuk itu ia mengajak seluruh pihak terkait, terutama para tenaga kesehatan, untuk maksimal bekerja dalam mengentaskan pandemi COVID-19 lewat implementasi vaksinasi.

Baca juga: Pemkot Medan genjot vaksinasi lansia agar level PPKM turun

"Sehingga dengan demikian diharapkan sampai akhir tahun ini, target 70 persen bisa sama-sama kita capai," katanya.

Ia meminta beberapa kecamatan yang belum memenuhi capaian target agar bisa meningkatkan vaksinasi lewat metode door to door dengan hadir langsung ke kediaman warga yang belum divaksin.

Bupati mencontohkan Kecamatan Dolok Masihul yang persentase vaksinasinya cukup tinggi. Hal ini, sebutnya, karena soliditas dan kerja sama yang dijalin, mulai dari kepala puskesmas, kepala desa dan stakeholder lainnya.

Baca juga: Pemkab Langkat targetkan 70 persen vaksinasi COVID-19

"Kita harus bahu-membahu menuntaskan permasalahan COVID-19 ini. Kalau bisa tahun depan kita tidak lagi berkutat di pandemi, tapi sudah maju, bergegas bicara soal pembangunan dan pemulihan ekonomi," katanya.

Secara khusus ia mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada para tenaga kesehatan yang telah berada di garda terdepan dalam proses percepatan penanganan pandemi di Sergai.

Selain pandemi, saat ini juga dihadapi tantangan yang tak kalah besar yaitu bencana banjir yang terjadi di beberapa kecamatan.

"Di sini juga saya meminta kepada tenaga kesehatan untuk ikut turun memberi layanan kesehatan terbaik kepada para korban banjir," katanya.

Bupati menerangkan, saat ini ada 5 kecamatan yang terdampak bencana banjir di Serdang Bedagai yaitu Sei Rampah, Tanjung Beringin, Dolok Masihul, Tebing Tinggi dan Sipispis.

"BMKG meramalkan curah hujan masih akan tinggi. Kita mesti waspada terhadap kemungkinan terburuk meluasnya banjir, utamanya di Kecamatan Bandar Khalipah. Saya titip pesan kepada Camat dan Kades supaya siap siaga dalam menjaga wilayahnya," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021