Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengimbau pihak pengelola Pelabuhan Gunung Sitoli, dalam hal ini PT Pelindo agar meningkatkan protokol kesehatan (prokes) terhadap setiap penumpang yang memasuki Kepulauan Nias.

"Pastikan setiap penumpang mematuhi prokes, cek sertifikat vaksinasi dan pastikan sopir truck ekspedisi yang melakukan bongkar muat di pelabuhan telah mengikuti vaksinasi dosis I dan II," kata Panca, ketika mengunjungi Pelabuhan Laut Gunung Sitoli, Kamis (11/11).

Kunjungan Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Hasanuddin guna memastikan penerapan prokes guna mencegah penyebaran COVID-19 di Pelabuhan Laut Gunung Sitoli.

Baca juga: Kapolda Sumut tinjau vaksinasi di Langkat

Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB turut mengecek ruangan pos pelayanan pemeriksaan Antigen/PCR penumpang kapal yang baru tiba dan turun dari kapal penumpang.

Panca juga meminta pengelola pelabuhan untuk berkoordinasi dengan Pemkot Gunung Sitoli dalam mengantisipasi rencana arus mudik penumpang kapal menjelang Natal dan Tahun Baru pada bulan Desember 2021.

"Lakukan upaya edukasi khususnya meningkatkan penerapan prokes pencegahan COVID -19 kepada masyarakat maupun penumpang kapal yang hendak melaksanakan kepergian dan kedatangan melalui Pelabuhan Gunung Sitoli," ujarnya.

Kapolda mengatakan, para petugas kesehatan dan tim Gugus juga tetap melakukan pemeriksaan sesuai SOP dan memastikan kesehatan dari masyarakat dan penumpang kapal di Pelabuhan Gunung Sitoli.

Dalam kunjungan tersebut, hadir Kapolda Sumut, Pangdam I/BB bersama Danrem 023/KS, Asisten Operasi Kodam I/BB,Karoops Polda Sumut, Dirkrimsus Polda Sumut, Dan Pos Lanal Nias, Dirpolairud Polda Sumut, Waka Polres Nias, dan unsur Forkopimda Kota Gunung Sitoli.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021