Desa Somanggal Parmonangan di Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) patut di apresiasi. Pasalnya, seluruh warga desa antusias sudah 100 persen mendapat vaksin COVID-19.

"Saking antusiasnya, bahkan empat warga lanjut usia (lansia) di antara warga juga tidak khawatir untuk divaksin," kata Camat Kecamatan Sayur Enrico Fermi kepada ANTARA, Rabu (10/11).

Tak pelak, Fokopimda Tapsel mulai dari Bupati Dolly P. Pasaribu, Kapolres AKBP Roman Smarhadana Elhaj, Dandim 0212/TS Kapten Inf Rooy Chandra Sihombing, kata Camat, datang memantau langsung memberikan aplaus. 

Baca juga: Syahrul Pasaribu sebut peran PPL- KTNA penting majukan pertanian

"Mudah-mudahan Somanggal Parmonangan di bawah pimpinan Kepala Desa Jefri ini dapat menjadi pendorong sekaligus memotivasi ratusan desa-desa lain di Tapsel untuk melalukan vaksinasi seratus persen," harap Bupati Tapsel. 

Senada apa yang diutarakan Kapolres Tapsel AKBP Roman Smarhadana Elhaj dalam satu kesempatan mengatakan bangga atas langkah masyarakat Desa Somanggal Parmonangan yang telah menyukseskan mendukung program pemerintah terkait vaksinasi. 

Forkopimda Tapsel juga berharap kepada masyarakat yang belum dapat vaksin kiranya dapat mendaftarkan diri ke tempat vaksinasi yang disiapkan pemerintah, maupun TNI/Polri demi terciptanya herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap COVID-19.

Selain itu bagi masyarakat yang sudah di vaksin, Forkopimda juga tidak lupa mengingatkan agar tetap disiplin protokol kesehatan atau prokes upaya menghindari penularan penyakit COVID-19.

Camat Kecamatan Sayur Matinggi Enrico Fermi menjelaskan, jumlah warga Desa Somanggal Parmonangan mulai Remaja hingga Lansia yang dapat vaksin dosis pertama dan dosis dua jenis Sinovac dan Astrazeneca sebanyak 468 orang. 

"Sebelumnya 232 warga sudah terlebih dahulu di vaksin, dan kemudian disusul sebanyak 236 warga termasuk empat Lansia yang lumpuh yakni Rosna Rajagukguk, Rosianna Hutagalung, Apoi Sihombing dan Hotman Nainggolan. Sehingga total menerima vaksin 468 orang atau 100 persen," kata Camat. 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021