Akademisi Universitas Sumatera Utara (USU) Irwansyah Harahap menyebutkan revitalisasi kawasan Kesawan sesuai bentuk aslinya akan membangkitkan kembali narasi sejarah dan budaya di Kota Medan zaman dahulu.

"Revitalisasi Kota Lama Kesawan sangat diinginkan semua orang selama ini. Apalagi semangat Pemkot Medan membangkitkan nilai, narasi dan sejarah melalui revitalisasi," ujar Irwansyah di Medan, Rabu (27/10).

Upaya yang dilakukan Pemkot Medan hingga kini, ia menilai, sangat tepat karena kawasan Kesawan merupakan centrum atau pusat kota, sehingga bisa menjadi story heritage atau warisan budaya.

Baca juga: Pemkot Medan: Perbankan dukung penataan Kesawan Lapangan Merdeka

Ada bangunan syarat sejarah di Kota Lama Kesawan, di antaranya Rumah Tjong A Fie, Masjid Lama dan Gedung Warenhuis yang merupakan supermarket pertama Kota Medan dibangun 1916.

"Selain itu, revitalisasi ini juga merupakan salah satu janji kampanye pak wali. Apa yang dilakukan ini untuk menjadikan Kota Medan jadi kota yang nyaman bagi warganya," ucap dia.

Irwansyah yang juga budayawan Kota Medan meyakini, Kota Lama Kesawan memiliki banyak gedung yang bernilai historis tinggi akan jauh lebih baik dan menarik lagi, setelah dilakukan revitalisasi.

"Mudah-mudahan langkah Pemkot Medan untuk membangkitkan kembali nilai dan narasi sejarah melalui revitalisasi Kota Lama Kesawan dapat terwujud," terang dia.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021