Guru yang baik adalah guru yang memberikan pendidikan terbaik bagi para murid-muridnya. 

"Karena itu guru selalu dituntut untuk memahami perkembangan pengetahuan, update tentang metode pembelajaran dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pendidikan dan ilmu kependidikan", jelas Lia Windari pada acara pelatihan pemanfaatan media pembelajaran interaktif, Kamis (21/10) di SMP Al Washliyah 08 Medan. 

Lebih lanjut Lia Windari mengungkapkan, apalagi di era digitalisasi seperti sekarang ini. Inovasi dan kreatifitas guru sangat diharapkan agar proses transfer ilmu saat pembelajaran berhasil dengan baik. 

Baca juga: Kapolres Tebing Tinggi letakan batu pertama pembangunan gedung SMK-Alwasliyah

"Guru teladan adalah guru yang selalu mampu mendidik anak didiknya memahami ilmu yang diajarkannya. Yang lebih penting lagi, jangan jadikan kekurangan sebagai alasan  untuk tidak memberikan pendidikan terbaik bagi murid-murid kita", ungkap Lia Windari yang tercatat sebagai guru berprestasi tingkat nasional dan Instruktur PKB Tingkat Nasional. 

Lebih lanjut Lia Windari menyampaikan bahwa dalam pelatihan ini, para guru dilatih menciptakan media pembelajaran interaktif. Misalkan menggunakan aplikasi Canva dan aplikasi yang mendukung penggunaan pembelajaran interaktif. 

"RenderForest dan Kinemaster menjadi suatu solusi dalam peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan dikelas", kata Lia Windari. 

Dibagain lain, ketua Majelis Pendidikan (MP) PD Al Washliyah Kota Medan Juli Iswanto menjelaskan media pembelajaran jika dipilih dan dikembangkan serta digunakan secara tepat dan baik, akan memberi manfaat yang sangat besar bagi para guru dan siswa. 

Secara umum kata Juli Iswanto manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik dan interaktif, jumlah waktu lebih efesien, kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan. 

"Secara umum manfaat media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih afektif dan efisien. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologi terhadap siswa", jelas Juli Iswanto. 

Cut Putri Elda Vivibach salah seorang guru yang mengikuti pelatihan tersebut, mengatakan sangat mengapresiasi pelatihan yang dilakukan MP PD Al Washliyah Kota Medan. 

"Program ini adalah langkah awal menuju pendidikan Al Washliyah yang berkemajuan,  berkualitas dan berdaya saing dengan sekolah-sekolah yang lain. Dan sebelumnya pelatihan seperti ini tidak kami dapatkan dari MP-MP sebelumnya" kata Ibu Cut. (MBA)

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021