Pemkot Medan terus memantau perkembangan kondisi Aiyla Adisty Hidayah, bayi penderita penyakit langka atresia bilier yang saat ini mendapat perawatan intensif di RSUP H Adam Malik.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Medan, Mardohar Tambunan, tim dokter saat ini tengah berupaya meningkatkan keadaan umum Aiyla. Sebab, saat tiba di RSUP H Adam Malik, kondisi bayi malang tersebut kurang baik dari sisi gizi dan nutrisi.

Penyakit yang diderita oleh Aiyla, menurut Mardohar merupakan bawaan lahir.

"Atresia billier yang diderita bayi ini merupakan penyakit bawaan lahir, sehingga ada organ tubuh yang tidak ada di dalam tubuh penderita. Oleh karenanya kita fokus agar organ yang ada berfungsi dengan baik, sehingga keadaan umumnya juga akan membaik," ujarnya ketika dikonfirmasi, Kamis (14/10).

Baca juga: Mulai 18 Oktober pembayaran parkir di delapan kawasan Kota Medan pakai nontunai, catat nama jalannya

Wali Kota Medan Bobby Nasution, sebelumnya juga telah menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan untuk terus melakukan pemantauan atas kondisi Aiyla. 

Saat ini perkembangan kesehatan bayi terus dipantau oleh tim dokter dan Dinas Kesehatan berkolaborasi dengan pihak RSUP H Adam Malik.

"Pemkot Medan melalui Dinas Kesehatan terus memantau perkembangan kesehatan bayi penderita atresia bilier yang saat ini dirawat di RSUP H Adam Malik," ujarnya.

Bobby mengatakan pihaknya akan terus memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada Aiyla. Bahkan ditemani istri Kahiyang Ayu, Bobby sudah melihat langsung kondisi Aiyla di RSUP H Adam Malik. 
 

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021