Webiner Literasi Digital untuk kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Sabtu, 28 Agustus 2021, Jam 09.00 WIB membahas tentang "Kemajuan Teknologi, Musibah atau Anugerah ?

Webinar dibawakan  oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang kebebasan berekspresi yang kita miliki di edia sosial harus disertai etika untuk menghargai posisi dan keberadaan orang lain. 

Baca juga: Waspada bahaya kejahatan di ruang digital

Menghargai orang lain juga tidak hanya dilakukan di dunia nyata tapi di dunia maya,
teknologi memang hal mutlak karena manusia mempunyai ciri sebagai mahkluk inovatif.

Sebagai dua sisi emas media sosial yaitu bisa sebagai anugrah atau musibah sebagaimana penggunaannya.
 
Manfaat literasi digital, antara lain berpikir kritis, kreatif dan inovatif, berkomunikasi lebih lancar, serta berkolaborasi dengan lebih banyak orang. 

Sukses belajar online, dengan cara persiapan pembelajaran gali informasi dengan melatih sumber data, etika pembelajaran, komunikasi dengan pengajar dan teman dalam penugasan, tempat yang nyaman dan menyenangkan, serta gunakan waktu sebaik mungkin.

Tujuan internet, antara lain menghibur diri, memenuhi kebutuhan diri sendiri dan yang lainnya, menjadi platform kreatifitas dan meningkat bakat, serta meluaskan jaringan pertemanan dan koneksi. 

Posisi masyarakat yang hanya menjadi konsumen pun akhirnya menjadi orang yang latah. Cara menjadi masyarakat yang beretika,antara lain manfaatkan platform digital sebaik mungkin, cari informasi lewat aplikasi yang terpercaya.

Kontrol diri, baca sebelum komentar, kritik membangun, berhenti sebarkan hoaks, menjadi kretor yg positif, hargai sesama, gunakan gooltolols check, jangan provokator, bicarakan fakta, serta jangan mudah baper

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021