Wakil Ketua III STMIK Primakara dan Praktisi TIK, I Gede Puti Krisna Juliharta pada webiner Literasi Digital untuk Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Senin (23/8) mengangkat tema Jenis-jenis Penipuan Internet dan Cara Menghindarinya.

Krisna membahas cybercrime adalah suatu tindakan atau kejadian yang berkaitan dengan teknologi komputer. Dimana seseorang mendapatkan keuntungan dengan merugikan pihak lain. 

Jenis-jenis cybercrime, meliputi peretasan, hacking, carding, phising, penipuan online, dan sebagainya. 

Baca juga: Peran literasi digital untuk mengubah mindset konsumtif menjadi lebih produktif

Jenis-jenis penipuan online, diantaranya penipuan uang muka atau pembayaran di tempat, penipuan antivirus, penipuan lowongan pekerjaan, penipuan pembelian di internet, penipuan di jejaring sosial, serta penipuan pinjaman online illegal. 

Tips anti penipuan di media online, meliputi tidak sembarang berbagi data pribadi, buat PIN yang kuat dan ubah secara berkala, selalu perbarui perangkat lunak gawai, cek status izin pinjaman online di OJK, serta waspada saat mengklik tautan. 

Kemudian dilanjutkan oleh Chairwoman of Sobat Cyber Indonesia, Virna Lim yang memaparkan tema Tips dan Trick Bertransaksi Secara Digital Dengan Mudah dan Aman.

Dalam pemaparannya, Virna menjelaskan seiring dnegan perkembangan teknologi informasi, aktivitas keuangan semakin melonjak tinggi. 

Jika sebelumnya transaksi keuangan dilakukan langsung, kini banyak orang mengandalkan transaksi keuangan digital atau online. 

Literasi keuangan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap orang agar terhindar dari masalah keuangan. 

Tips aman bertransaksi digital, dengan cara rahasiakan nomor OTP dan PIN, ganti PIN atau kata sandi secara berkala, tidak menggunakan wifi publik saat melakukan transaksi, aktifkan notifikasi SMS atau email dalam transaksi keuangan, serta unduh aplikasi dari situs resmi. 

Jika sewaktu-waktu tidak dapat menggunakan gawai, segera laporkan ke layanan operator selluler bersangkutan. Hal ini bertujuan untuk mencegah duplikasi kartu SIM pengguna.

Sementara Psikolog Diwana Lestari Humendru menjabarkan tanda-tanda seseorang belum menabung dengan benar, meliputi rekening tabungan yang belum terpisah dengan rekening harian, rekening tabungan belum stabil, serta persentase tabungan masih belum bijak. 

Cara menabung yang efektif, antara lain memisahkan antara rekening kebutuhan harian dengan rekening tabungan, menyimpan uang recehan, menyimpan uang dari Hasil pendapatan ekstra, gunakan aplikasi tabungan, serta jadikan tabungan sebagai aset riil. 

Tips berbelanja online secara bijak, dengan cara beli barang berdasarkan kebutuhan bukan keinginan, mempersiapkan budget khusus, membuat daftar barang yang harus dibeli sesuai kebutuhan Jangan terlalu fokus pada merek suatu produk, serta jangan malas untuk membandingkan harga.
 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021