Jumlah barang domestik yang dibongkar di Pelabuhan Belawan hingga Juli 2021 naik 72,92 persen dibanding periode sama 2021 menjadi 1,702 juta ton

Koordinator Fungsi Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Dinar Butar-Butar, di Medan, Jumat (3/9), mengatakan, pada periode Januari-Juli muatan barang domestik yang dibongkar di Pelabuhan Belawan masih 984.467 ton. 

Sementara di periode sama 2021 naik 72,91 persen atau menjadi 1,702 juta ton.

"Meningkatnya volume barang domestik yang dibongkar di Pelabuhan Belawan mengindikasikan semakin  membaiknya perekonomian," katanya. 

Baca juga: Nilai ekspor sektor industri Sumut Januari-Juli 2021 naik 49,31 persen

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut, Parlindungan Purba menyebutkan kegiatan bongkar barang domestik yang naik di Pelabuhan Belawan itu mengindikasikan permintaan masyarakat dan geliat industri di daerah itu mulai membaik, meski ada pandemi COVID-19. 

Termasuk, katanya, menunjukkan peran Sumut yang masih besar mendukung perekonomian di kawasan Sumatera. 

Baca juga: Nilai ekspor karet Sumut hingga Juli 2021 naik 67,63 persen

Asumsi peran besar Sumut dalam perekonomian di Sumatera itu karena sebagian barang yang dibongkar juga merupakan barang untuk daerah lain. 

"Sumut masih sebagai tempat transit berbagai barang kebutuhan untuk sejumlah provinsi lain di Sumatera seperti Aceh, Sumatera Barat dan Riau," katanya.. 

Apindo berharap, pandemi COVID-19 bisa terus diatasi agar geliat bisnis semakin meningkat. 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021