Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara Imam Suyudi panen jamur tiram di area kawasan Pembinaan Kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Perempuan Klas II A Medan.

"Semoga pembinaan kemandirian ini menjadi bekal WBP untuk kembali hidup mandiri ketika selesai menjalani pidana, sehingga dapat jadi insan berguna bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara," ujar Imam, di Rutan Perempuan Klas II A Medan, Selasa (31/8).

Ia menyebutkan, Rutan Perempuan Medan memiliki area brandgang yang disulap menjadi area kawasan pembinaan untuk menghasilkan WBP yang mandiri.

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham Sumut resmikan SILABAKUM Rutan Perempuan Medan

"Memiliki ketrampilan mulai dari budi daya tanaman hidroponik, budidaya jamur tiram, budi daya timun, budi daya jambu hingga budi daya ribuan ikan lele pada kolam bundar di area kawasan Pembinaan Kemandirian WBP di Rutan Perempuan Medan," jelas Imam.

Sementara itu Kepala Rutan Perempuan Klas II A Medan, Ema Puspita mengatakan akan berupaya maksimal dalam melakukan pembinaan kemandirian bagi WBP.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan kemandirian berjalan optimal agar dapat menghasilkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Pelaksanaan implementasi program pembinaan kemandirian Rutan Perempuan Medan ini merupakan PNBP," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Bidang Hukum Jonson Siagian, dan Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Medan Batara Hutasoit.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021