Sebanyak 225  calon prajurit Bintara dan Tamtama gelombang II tahun 2021 menjalani tes kebugaran di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Asahan/TBA Jalan Tanjung Berombang Asahan Mati, Kecamatan Tanjungbalai Kabupaten Asahan.

Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory mengatakan, dari 225 orang tersebut sebanyak 170 adalah calon prajurit Bintara dan 55 calon prajurit Tamtama yang harus menunjukkan kualitas terbaik dan memenuhi syarat untuk bersaing di seleksi tingkat pusat.

"Sebagai syarat seleksi di tingkat pusat, calon prajurit Bintara dan Tamtama itu telah mengikuti tes kebugaran yang dilaksanakan kemarin," ujar Robinson melalui pesan WhatsApp yang diterima Selasa (31/8).

Baca juga: TNI AL TBA terus vaksinasi nelayan warga maritim di pesisir

Menurut Robinson, sesuai instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dalam proses seleksi calon prajurit baik Bintara maupun Tamtama TNI AL agar dapat merekrut sumber daya manusia yang unggul.

"Para caba dan catam PK TNI AL yang lolos seleksi samapta selanjutnya akan melaksanakan tes berikutnya. Bagi yang lolos kembali akan mengikuti tes di tingkat pusat sebagai syarat untuk menjadi prajurit Jala Bhakti," kata Robinson.

Sesuai catatan, seleksi samapta calon prajurit Bintara dan Tamtama TNI AL di Pangkalan TBA itu berlangsung Senin (30/8), dipimpin Kapten Laut (KH) Syahrizal, Perwira jas dari Lantamal I belawan.

Materi tes samapta meliputi, baterai A lari 12 menit, dilanjutkan baterai B sit up, push up, pull up, dan shuttle run, serta tes ketangkasan renang dan pengecekan postur tubuh.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021