TNI AL Pangkalan Tanjungbalai Asahan (TBA) terus melakukan vaksinasi COVID-19 baik dosis kesatu dan kedua bagi masyarakat maritim sebagai upaya menyukseskan program pemerintah 1 hingga 2 juta vaksin per hari untuk membebaskan Indonesia dari corona virus desease 2019.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) TBA, Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory memantau pelaksanaan serbuan vaksinasi untuk nelayan dan keluarganya di Desa Bagan Asahan Kecamatan Tanjungbalai, Kabupaten Asahan, Minggu (22/8).

Saat neninjau vaksinasi yang di pusatkan di Posal Bagan Asahan, Danlanal TBA didampingi perwira staf melihat tingginya antusiasme masyarakat pesisir daerah setempat yang ingin mendapatkan suntikan vaksin.

Baca juga: GM PEKAT IB laporkan dugaan penyimpangan pencairan bansos UMKM ke Kejari Tanjungbalai

"Setelah mendapat edukasi vaksinasi dari prajurit Jala Bhakti banyak nelayan tergerak hatinya untuk mengikuti serbuan vaksin Maritim TNI AL Lanal TBA yang kami laksbakan hari Minggu kemarin," kata Robinson melalui pesan WhatsApp yang diterima Senin (23/8).

Menurut Danlanal, karena antusias masyaraka sangat tinggi untuk mendapatkan vaksin, kegiatan penyuntikan di Posal Bagan Asahan itu sudah dilaksanakan pihaknya mulai Sabtu, berlanjut hingga Minggu dan akan terus dilanjutkan.

Hal itu dilaksanakan dalam rangka membantu pemerintah mencegah penularan COVID-19. Sesuai instruksi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono karena aktivitas masyarakat nelayan yang pergi subuh pulang malam kesulitan mengatur waktu untuk mengikuti vaksinasi. 

"Oleh karena itu Kepala Staf TNI AL memerintahkan kami Lanal-Lanal diseluruh Indonesia, termasuk Lanal TBA yang berada dekat dengan pemukiman nelayan untuk mengedukasi dan melaksanakan vaksinasi agar semua lapisan masyarakat bebas dari COVID-19," ujar Robinson.

Ia menambahkan, Lanal TBA memilih kampung nelayan di Bagan Asahan karena populasi nelayan di daerah itu padat dan mereka sangat antusias untuk divaksi. Dimana pada Minggu (22/8) ada 40 dosis yang disediakan tetapi yang datang dan mendaftar lebih dari itu.

"Serbuan vaksinasi Maritim merupakan program TNI AL dalam mendukung program pemerintah RI dalam percepatan vaksinasi untuk masyarakat. Hal itu dilakukan guna mendukung program vaksinasi pemerintah  yang mentargetkan 1 juta bahkan 2 juta vaksin perhari secara nasional", tegas Danlanal TBA.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021