Plh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumut Erwedi berharap kegiatan vaksinasi 2.000 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lapas dan Rutan Klas I Medan berjalan sukses serta tidak ada kendala.

"Kita doakan vaksinasi ribuan WBP di lembaga pemasyarakatan (Lapas) Klas I dan rumah tahanan negara (Rutan) Klas I Medan dapat tuntas pada hari ini," ujar Erwedi, di Lapas Klas I Medan, Senin (23/8).

Ia menyebutkan, vaksinasi yang digelar tahap I ini disambut WBP di Lapas dan Rutan dengan senang hati karena selama ini sudah lama mereka tunggu-tunggu.Selanjutnya 28 hari ke depan akan dilaksanakan lagi vaksinasi tahap II.

Baca juga: Kapolda Sumut minta warga binaan jangan takut divaksin

"Dengan adanya vaksinasi tersebut, WBP di Lapas dan dan Rutan Medan tidak mudah terpapar pandemi COVID-19," kata Erwedi yang juga Kalapas Klas I Medan itu.

Sebelumnya, sebanyak 34.800 WBP di lapas dan rutan se-Sumatera Utara diharapkan dapat divaksinasi sehingga imunitas tubuh mereka semakin kuat dan tidak mudah terpapar COVID-19.

Kakanwil Kemenkum dan HAM Sumatera Utara Imam Suyudi di Medan, Minggu mengatakan vaksinasi tersebut merupakan bagian pemenuhan WBP untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

Ia menyebutkan secara bertahap WBP di Sumut yang berjumlah 34.800 orang dapat divaksinasi seluruhnya karena mereka juga warga Sumut.

"Selama menjalani sisa pidana dan saatnya nanti setelah mereka bebas, kembali di tengah lingkungan keluarga dan masyarakat dapat produktif, serta sehat.
Semangat ikut membangun lingkungannya dengan baik dan tidak melanggar hukum lagi," ujarnya.

Imam mengatakan direncanakan pada Senin (23/8) Polda Sumut memvaksinasi 2.000 WBP khusus di Lapas Kelas I dan Rutan Kelas I Medan.

"Vaksinasi tersebut adalah kerja sama antara Kanwil Kemenkumham Sumut dengan Polda Sumut dan pemda provinsi, kabupaten, dan kota," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021