Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak minta kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Klas I Medan agar tidak takut divaksin.

"Vaksinasi itu adalah untuk kepentingan WBP agar terhindar dari pandemi COVID-19," ujar Panca, saat dialog dengan salah seorang WBP bermarga Gultom (63) yang mengikuti vaksinasi di Lapas Klas I Medan, Senin (23/8)

Kapolda Sumut bersama Kakanwil Kemenkum dan HAM Sumut Imam Suyudi meninjau kegiatan vaksinasi tahap I sebanyak 2.000 WBP di Lapas Klas I dan Rutan Klas I Medan.

Baca juga: Imam Suyudi: Pemindahan Herry Wibowo ke Rutan Medan untuk pembinaan

Panca juga menanyakan kepada WBP di Lapas Medan sudah berapa kali divaksin, Gultom mengatakan baru pertama kali mengikuti vaksin.

"Pak Gultom diharapkan sukses mengikuti vaksinasi tahap I ini," ujarya.

Sebelumnya,sebanyak 34.800 WBP di lapas dan rutan se-Sumatera Utara diharapkan dapat divaksinasi sehingga imunitas tubuh mereka semakin kuat dan tidak mudah terpapar COVID-19.

Kakanwil Kemenkum dan HAM Sumatera Utara Imam Suyudi di Medan, Minggu (22/8) mengatakan vaksinasi tersebut merupakan bagian pemenuhan WBP untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

Ia menyebutkan secara bertahap WBP di Sumut yang berjumlah 34.800 orang dapat divaksinasi seluruhnya karena mereka juga warga Sumut.

"Selama menjalani sisa pidana dan saatnya nanti setelah mereka bebas, kembali di tengah lingkungan keluarga dan masyarakat dapat produktif, serta sehat. Semangat ikut membangun lingkungannya dengan baik dan tidak melanggar hukum lagi," ujarnya.

Imam mengatakan direncanakan pada Senin (23/8) Polda Sumut memvaksinasi 2.000 WBP khusus di Lapas Kelas I dan Rutan Kelas I Medan.

"Vaksinasi tersebut adalah kerja sama antara Kanwil Kemenkumham Sumut dengan Polda Sumut dan pemda provinsi, kabupaten, dan kota," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021