Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Irjen Pol R.Z. Panca Putra Simanjuntak menyerahkan bantuan sosial berupa 1.000 paket sembako kepada korban banjir di empat kecamatan di Kabupaten Batubara.

"Paket sembako tersebut diserahkan di Kecamatan Sei Balai, Nibung Hangus, Datuk Tanah Datar, dan Kecamatan Talawi," kata Kepala Kepolisian Resor Batubara AKBP Ikhwan Lubis yang mewakili Kapolda Panca Putra menyerahkan secara simbolik bantuan tersebut, dalam keterangannya diterima di Medan, Sabtu (21/8).

Ia menyebutkan penyerahan bantuan secara simbolis di Desa Kwala Sikasim, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Jumat (20/8). Bantuan diterima para camat dan kepala desa yang daerah masing-masing terdampak banjir, untuk selanjutnya disalurkan kepada para korban bencana alam tersebut.

Baca juga: Kapolda Sumut harapkan Polres Sergai percepat vaksinasi tahap II

"Selanjutnya dibagikan kepada masyarakat dengan didampingi bhabinkamtibmas dan babinsa," ujar Ikhwan.

Hujan deras sejak empat hari terakhir diperparah dengan banjir kiriman dari Kabupaten Asahan mengakibatkan 5.806 ribu rumah warga Kabupaten Batubara terendam.

Sejumlah sungai di Batubara juga meluap, tidak hanya merendam pemukiman warga, tetapi juga merendam areal persawahan, perkebunan, dan fasilitas umum.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, sedangkan jumlah sekolah yang terendam banjir masih dalam pendataan dan areal perkebunan atau sawah terdampak banjir seluas 4.778,5 hektare, serta kerugian masih dalam penghitungan.

Saat ini, banjir yang merendam 5.806 rumah warga setempat telah mulai surut. Namun, warga di Kabupaten Batubara diimbau tetap waspada terhadap banjir susulan.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021