Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke -76 Republik Indonesia, prajurit TNI AL Pangkalan Tanjungbalai Asahan bersama masyarakat nelayan  mengibarkan dan menghormati bendera Merah-Putih  di tengah laut, Selasa, 17 Agustus 2021.

Pengibaran dan penghormatan bendera Merah Putih berlangsung di kuala bagan tepatnya tower lampu putih (mercusuar) perairan Bagan Asahan Kecamatan Tanjungbalai, Kabupaten Asahan dan perairan Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara.

Danposmat AL Bagan Asahan Lettu Laut (T) Dody Koerniawan mengatakan, pengibaran dan penghormatan bendera merah putih oleh pihaknya bersama nelayan di mercusuar tersebut dalam rangka memperingati detik-detik proklamasi.

Baca juga: Plt Wali Kota Tanjungbalai inspektur upacara HUT ke 76 RI

"Kami sengaja kibarkan dan mengimbau nelayan agar menghormati bendera merah putih di tower tengah laut pada HUT RI tahun ini, tujuannya untuk meningkatkan rasa nasionalisme bagi kalangan nelayan dan warga pesisir," kata Dody.

Ia melanjutkan, kegiatan tersebut juga bentuk kemanunggalan TNI dengan masyarakat nelayan dengan harapan menjadi momentum dalam memupuk semangat cinta tanah air serta menghargai jasa para pahlawan/pejuang kemerdekaan. 

Sementara Danlanal TBA, Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, mengapresiasi pengibaran bendera Merah-Putih di laut. Baik di perairan  Bagan Asahan dan Kuala Tanjung.

Menurut Robinson, pengibaran dan penghormatan bendera merah putih oleh Posmat Bagan Asahan dan Posmat Kuala Tanjung dipimpin Lettu Laut (T) Rochman Sunarso bekerja sama dengan HNSI Sei Suka Kabupaten Batu Bara patut dibanggakan.

"Sebagai Komandan Lanal TBA, saya mengapresisi pengibaran dan penghormatan bendera di tengah laut perairan Bagan Asahan dan Batu Bara. Kegiatan ini adalah satu bukti tingginya semangat patriotisme dan cinta tanah air yang tertanam di kalangan masyarakat wilayah pesisir," kata Robinson.

Sebagaimana diinformasikan, Prajurit Jala Bhakti TNI AL Tanjungbalai Asahan yang bertugas di pulau terluar perbatasan Indonesia-Malaysia juga mengibarkan bendera Merah-Putih berukuran 6 x 10 meter di menara navigasi Pulau Jemur, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021