Insan pers di Mandailing Natal diajak untuk aktif mengedukasi masyarakat melalui karya-karya jurnalistik sesuai dengan perannya yakni mencerdaskan kehidupan bangsa melalui berbagai informasi yang disampaikan. 

"Peran Pers sangat penting dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa melalui berbagai informasi yang disampaikan. Saya berharap Pers dapat mengedukasi masyarakat lewat berita dalam mendukung program pembangunan di Madina," ujar Wakil Bupati Madina, Atika Azmi Utammi Nasution saat menerima silaturrahmi pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Senin (16/8) di Panyabungan.

Selain itu, Atika juga berharap agar insan Pers terus meningkatkan kualitas diri guna memberi dampak yang baik bagi pembangunan Madina melalui karya-karyanya.

"Mengingat Pers merupakan jembatan informasi kepada masyarakat, untuk itu insan Pers juga diminta tetap menjunjung tinggi kode etik, kaidah jurnalistik serta menjaga keseimbangan dalam melakukan berbagai kegiatan Pers," jelasnya.

Dalam silaturrahmi yang juga dihadiri sejumlah pengurus PWI itu, selain memperkenalkan anggota dan jajaran pengurus, pada kunjungan itu Ketua PWI Muhammad Ridwan Lubis juga memaparkan sejumlah program organisasi profesi wartawan ini, di antaranya adalah pelaksanaan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW).

"Pelaksanaan UKW ini kita nilai sangat penting, karena selain meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, si wartawan juga nantinya akan lebih memahami akan undang-undang Pers dan kode etik jurnalistik, untuk itu kita meminta dukungan kepada Pemda agar UKW ini bisa dilaksanakan di Madina," ujarnya.

Ridwan menyebut, sejak Kabupaten Madina berdiri hingga saat ini kegiatan Uji Kompetensi Wartawan belum pernah dilaksanakan. Dan apabila insan Pers yang ingin mengikuti UKW terpaksa harus ke daerah lain di luar Madina.

"Kita berharap agar UKW ini menjadi salah satu program prioritas. Dengan adanya program ini kita meyakini profesi wartawan akan menjadi lebih profesional," harap Ridwan.

Pewarta: Holik

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021