Wakil Bupati Kabupaten Langkat Syah Afandin SH meresmikan Kampung Wisata Batik Kota Brandan di Pangkalan Brandan tepatnya Jalan Paya Kiri Kampung Terowongan Kelurahan Pelawi Utara Kecamatan Babalan, Langkat, Jumat (13/8).

Peresmiannya ditandai pembukaan tirai dan pemotongan pita peresmian Kampung Wisata Batik Kota Brandan, oleh bersama Direktur Gemilang Nusa Kreasindo (GNK) Ridhani Agustina alias  Dhany Rose selaku penggagasnya. 

Selain itu juga penandatanganan MoU kerjasama antara manajer produksi Gemilang Nusa Kreasindo dengan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) Universitas Islam Sumatera Utara tentang Kampung Wisata Batik Kota Brandan 

Baca juga: Tim Satgas Saber Pungli Langkat sosialisasi pencegahan pungutan liar

Syah Afandin menyampaikan Pemkab Langkat akan mendukung kemajuan Kampung Batik ini secara maksimal. Sebab memberikan dampak positif bagi kemajuan ekonomi kerakyatan di tengah pandemi COVID-19. 

"Semoga Kampung Batik ini memakmurkan masyarakat, terkhusus kaum ibu dan wanita. Serta menjadi ikon wisata batik bagi Negeri Bertuah," doanya. 

Dimana peresmian bersamaan dengan peringatan Brandan Bumi Hangus (BBH) semoga dapat membakar glora semangat untuk memajukan Kampung Batik. 

Ia juga berharap dan mendoakan, Kampung Batik Brandan menjadi brend bagi batik Langkat seperti batik Jogja dan Pekalongan. Serta mampu melahirkan ide gagasan dalam memberikan nuansa baru dalam dunia fashion, khusunya batik Langkat, hingga mampu bersaing dengan batik- batik di daerah lain yang telah memiliki nama dan hak paten. 

Dhani Rose mengaku Kampung Batik ini sengaja digagasnya untuk mewujudkan impiannya, membangkitkan perekonomian masyarakat Brandan khususnya dan Langkat sekitarnya.

"Terkhusus bagi kaum ibu dan remaja wanita putus sekolah, hingga menjadi perajin batik yang membantu ekonomi keluarga," ungkapnya. 

"Saya berharap dengan seni batik ini bisa membangkitkan kembali gelora Pangkalan Berandan, kembali dikenal dan memiliki perekonomian yang baik seperti dulu" ujarnya menambahkan. 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021