Perum Bulog Sumatera Utara menjamin stok gula kristal masih aman atau 485,75 ton dan siap melakukan operasi pasar (OP) kalau diperlukan.

"Stok gula 485,75 ton itu cukup aman untuk beberapa bulan ke depan sehingga diharapkan diharapkan bisa terus menjaga kestabilan harga," ujar Pemimpin Wilayah Sumut Perum Bulog, Arif Mandu di Medan, Rabu (11/8).

Stok 485,75 ton itu berada di beberapa gudang Bulog Sumut. "Meski masih aman, Bulog Sumut bersiap menambah stok untuk bisa terus menjaga kestabilan harga," ujar Arif Mandu.

Baca juga: Pembelian beras petani capai 16 ribu ton lebih

Hasil pantauan pasar, harga jual gula masih bertahan di atas harga eceran tertinggi (HET) atau Rp13.000 per kg. HET gula sebesar Rp12. 500 per kg.

"Bulog terus memperkuat stok gula dan kalau diperlukan akan melakukan OP ke kawasan yang harga gulanya naik terus," ujar Arif.

Arif menegaskan Bulog berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga ketersediaan bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan konsumen, kestabilan harga dan sekaligus membantu menekan inflasi.

"Bulog berharap bisa membantu menekan angka inflasi di 2021 yang besarannya diperkirakan lebih tinggi dari 2020," ujarnya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021