Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU) meningkatkan pelayanan Laboratorium Kateterisasi Jantung (Cathlab) dan berhasil selesaikan tindakan Percutaneous Coronary Intervention (PCI).

"Pelayanan Cathlab di Rumah Sakit USU ini, dimulai sejak 9 Juni 2021," kata Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan Rumah Sakit USU, dr Muhammad Rizki Yaznil, MKed (OG), SpOG (K), di Medan, Jumat (6/8).

Ia menyebutkan, tindakan PCI perdana bagi pasien di Rumah Sakit USU itu, berhasil dilaksanakan Rabu (4/8).

Baca juga: USU 10 besar peraih medali terbanyak ajang KNMIPA 2021

"Cathlab adalah fasilitas unggulan yang dimiliki Rumah Sakit USU untuk bidang pelayanan diagnostik dan terapi penyakit jantung dan pembuluh darah yang telah ada sejak awal 2018," ujarnya.

Rizki mengatakan, sebelumnya Cathlab di Rumah Sakit USU telah mengerjakan beberapa prosedur diagnostik lainnya.Sempat terhenti selama beberapa waktu, pelayanan Cathlab telah dimulai kembali pada awal Juni 2021.

PCI dikenal dengan bahasa awam sebagai pemasangan cincin/ring pembuluh darah koroner jantung (dikenal awam dengan penyakit jantung penyempitan).

"PCI adalah salah satu opsi pengobatan dalam tata laksana penyakit jantung koroner yang mutakhir," ucapnya.

Ia berharap, semoga langkah yang dilakukan oleh Rumah Sakit USU tersebut dapat membuka jalan untuk pelayanan Cathlab yang berkesinambungan, memberikan manfaat bagi pasien, dan untuk mencapai tujuan selanjutnya.

"Dengan telah dilakukanya prosedur PCI (pemasangan cincin di Rumah Sakit USU, diharapkan dapat membantu dalam pelayanan pasien jantung yang lebih baik dan sesuai standard nasional bahkan internasional," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021