Wali Kota Medan Bobby Nasution mengapresiasi konsep isolasi lingkungan yang diterapkan di Lingkungan 23, Kelurahan Mangga, yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung, seperti kamera tersembunyi (CCTV) untuk memantau mobilitas warga yang sedang menjalani isolasi.

"Saya sangat mengapresiasi ini. Karena bukan hanya Pemkot Medan dan TNI-Polri, tetapi lapisan masyarakat di sini hadir menyukseskan isolasi lingkungan," katanya saat memantau lingkungan isolasi di Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Kamis (5/8).

Tidak hanya itu, kata dia, masyarakat yang melakukan isolasi juga dibekali satu unit handy talky (HT) sebagai sarana komunikasi kepada petugas satgas setempat.

Baca juga: Pemkot Medan ancam tutup RS tagih biaya perawatan pasien COVID-19

Selain itu, beberapa petugas juga disiagakan di pintu masuk kawasan lingkungan tersebut dan di sekitar rumah warga yang terpapar COVID-19.
 
"Masyarakatnya di sini juga benar-benar mematuhi protokol kesehatan 5M," ujarnya.

Ia berharap konsep isolasi lingkungan ini dapat diikuti oleh lingkungan lainnya, sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.
 
Ia menyebut hingga saat ini terdapat 14 lingkungan di Kota Medan yang menerapkan isolasi lingkungan karena beberapa warga terpapar COVID-19.
 
"Kalau semua lingkungan di kecamatan di Medan seperti ini, saya rasa penyelesaian COVID-19 di Medan bisa lebih cepat," ujarnya.
 
Penerapan isolasi lingkungan di Lingkungan 23, Kelurahan Mangga, dilakukan karena 10 orang warga di wilayah tersebut terpapar COVID-19.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021