Untuk membakar semangat prajurit, Komandan TNI-AL Tanjungbalai Asahan (TBA) ikut melakukan bongkar pasang senjata laras panjang dan pistol sebagai sarana pembinaan dan latihan prajurit yang berdinas di Lanal tersebut.

"Selain untuk membakar semangat para prajurit, saya ikut kegiatan bongkar pasang senjata dalam rangka melatih diri guna meningkatkan kemampuan dan profesioanalitas di bidang penggunaan senjata laras panjang dan pistol," ujar Komandan Lanal TBA, Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, Rabu (28/7).

Danlanal melanjutkan, pembinaan dan latihan bongkar pasang senjata yang berlangsung di Mako Lanal TBA Jalan Sei Berombang, Asahan Mati itu diikuti perwira Staff dan prajurit Ksatria Jala Bhakti, meliputi senjata laras panjang jenis SS.1 dan pistol.

Baca juga: Pendistribusian beras PPKM di Tanjungbalai oleh PT Pos Indonesia dikritisi

Selama kegiatan, peserta wajib  memperhatikan keamanan dan menyimak instruksi yang diberikan, karena tujuan kegiatan agar prajurit berhasil dengan baik dan mampu memasang kembali senjata yang sudah dibongkar.

"Harapannya, prajurit mampu meningkatkan ketrampilan dan ketangkasan bongkar pasang senjata, sehingga senjata selalu dalam kondisi siap digunakan dan dapat berfungsi semestinya," kata Robinson.

Dia menambahkan, selain menggunakan, prajurit juga dituntut mempunyai kemampuan mengenal dan merawat senjata dengan baik. Sebab, selain semangat bertempur yang tinggi, keberadaan senjata merupakan hal sangat penting dalam pertempuran. 

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021