Pemkab Serdang Bedagai mendorong Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dapat bekerja  maksimal dalam mengoptimalkan potensi unggulan daerah.

"Saya berharap program kerja TPAKD di Sergai bisa mengoptimalkan potensi unggulan daerah seperti wisata tematik, pertanian, kelautan maupun budaya," kata Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya, di Seirampah, Jumat (9/7).

TPAKD lahir sebagai forum koordinasi yang sangat penting bagi pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan dalam percepatan akses keuangan daerah.

Baca juga: Sergai dukung program Literasi Digital Kemenkominfo

"Percepatan akses keuangan bagi masyarakat baik di desa maupun kelurahan sudah tentu akan mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus mendukung Serdang Bedagai sebagai kabupaten yang maju terus mandiri, sejahtera dan religius," katanya.

Ia juga menyampaikan UMKM di Kabupaten Serdang Bedagai juga perlu melakukan pendekatan digital marketing, namun dibutuhkan produk yang berkualitas agar mampu bersaing dengan produk luar daerah maupun produk impor.

"Pasar Bengkel contohnya sempat menjadi kiblat wisata belanja makanan dan kerajinan tradisional di Sumatera Utara," katanya.

Baca juga: Serdang Bedagai apresiasi pembangunan pabrik es

Kemudian, petani dan peternak lokal bisa ditunjukkan oleh tingkat keberhasilan program asuransi ternak dan asuransi padi daerah tersebut, dan sangat mungkin berakhir manis terciptanya peluang ekspor produk UMKM berbasis agrobisnis.

"Tingkat literasi dan inklusi keuangan sangat mempengaruhi indeks pembangunan manusia (IPM) di Serdang Bedagai. Nilai IPM adalah barometer keberhasilan pembangunan yang kita laksanakan. Tingginya IPM berkorelasi positif dengan tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja OPD dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021