Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, mendukung penuh program Literasi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indobnesia karena dinilai sangat penting untuk mengajak masyarakat melek internet.

Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlim Tambunan di Seirampah, Kamis (8/7), mengatakan, pihaknya sangat mendukung program Literasi Digital itu karena masyarakat yang terliterasi dalam aktivitas digital akan berdampak pada aspek-aspek penting dalam satu daerah.

Saat ini, kata dia, daerah sedang menghadapi tantangan dalam aktivitas digital masyarakat yaitu beredarnya berbagai informasi palsu atau hoaks, apalagi menyangkut pelaksanaan vaksinasi yang saat ini sedang gencar dijalankan. 

"Untuk itu masyarakat perlu mendapat edukasi dan terliterasi secara baik agar opini-opini liar tak bertanggung jawab yang beredar dan menghambat proses percepatan penanganan pandemi dapat diatasi," katanya.

Sementara M.N. Hamdi, selaku Regional Leader Sumatera Utara (Sumut) PT. Permata Cendikia Indonesia (PCI), mengatakan hingga tahun 2024 Kemenkominfo memiliki target menjangkau 50 juta masyarakat terliterasi di bidang digital di seluruh Indonesia.

Hamdi menjelaskan PCI sendiri merupakan partner Kemenkominfo melalui Direktorat Jendral Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) dalam menyelenggarakan kegiatan literasi digital yang rencananya dilaksanakan di 514 kabupaten/kota.

"Kegiatan ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya untuk mengindentifikasi hoaks serta mencegah terpapar dampak negatif penggunaan internet," katanya.

Ia menyebut, untuk tahun 2021 dicanangkan 12 juta masyarakat terliterasi di bidang digital yang berasal dari berbagai kalangan. 

Hal ini sangat penting mengingat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta internet sudah semakin masif dan pentingnya peningkatan kemampuan dan pemahaman masyarakat dalam penggunaan TIK serta internet yang benar melalui implementasi program literasi digital.

"Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan dari bulan Mei sampai dengan Desember 2021 di 34 provinsi. Dari kegiatan nasional ini diharapkan tercapai target 1.067.854 orang yang mendapatkan literasi digital pada tahun 2021," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021