Wali Kota Binjai Amir Hamzah memimpin rapat persiapan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap tiga dihadiri Wakil Ketua DPRD Muhammad Syarif Sitepu, Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo,S.IK, Dandim 0203/Lkt Letkol Inf Wisnu Joko Saputra, Kepala Kejaksaan Negeri Binjai M. Husein Admadja, SH.,MH, Sekda Kota Binjai H. Irwansyah Nasution,S.Sos, Direktur RS Djoelham dr David Tambunan, di Binjai, Jumat (9/7).

Hadir juga seluruh kepala rumah sakit pemerintah dan swasta serta kepala puskesmas di Kota Binjai.

Amir Hamzah mengatakan rapat ini dilaksanakan guna menindak lanjuti surat edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor : HK.02.02/v/1727/2021 tanggal 30 Juni 2021 tentang vaksinasi tahap tiga bagi masyarakat rentan serta masyarakat umum lainnya dan pelaksanaan vaksinasi COVIF-19 bagi anak usia 12-17 tahun.

Baca juga: Wali Kota Binjai : Terima kasih atas persetujuan DPRD

"Maka perlu bagi kita untuk mengadakan rapat persiapan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap tiga ini, dengan demikian kita dapat mengetahui tindakan apa saja yang harus kita laksanakan pada kegiatan vaksinasi tahap tiga nantinya, mengingat kita telah melaksanakan kegiatan vaksinasi tahap satu dan dua sebelumnya," ujarnya.

Dengan tingginya antusiasme masyarakat dalam menerima vaksinasi COVID-19 jelas pihak-pihak pada pelaksanaan vaksinasi merasa kewalahan seperti tim vaksinator, tim keamanan, tim logistik maupun tim kebersihan. 

Untuk Amir berharap kepada instansi-instansi terkait dalam hal ini untuk menambah tim yang di tugaskan dari masing-masing instansi, agar terlaksana dengan lancar vaksinasi kedepannya.

Wali Kota juga menambahkan pada saat ini tempat pelaksaan vaksinasi berjumlah 12 titik yang di sebar di kota Binjai, hal ini bertujuan agar terciptanya efisiensi kegiatan dan meratanya masyarakat yang menerima vaksin.

Tetapi dengan jumlah lokasi vaksinansi tersebut di tambah tingginya antusiame masyarakat Kota Binjai dalam penerimaan vaksin, pastinya hal tersebut menjadi salah satu kendala kedepannya. 

"Untuk itu, kita akan menambahkan tempat pelaksanaan vaksinasi yang sebelumnya 12 titik nanti akan menjadi 20 titik. Selain untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi penambah tempat vaksinasi itu juga untuk mencegah terjadinya kerumunan," katanya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr Sugianto SPoG dalam laporannya menjelaskan pelaksanaan vaksinasi pada tahap pertama telah mencapai 96 persen, tahap kedua yang saat ini sedang berjalan hampir mencapai 80 persen dan untuk tahap tiga akan dimulai minggu depan.

Saat ini target vaksinasi secara nasional adalah 1 juta/hari. Untuk Sumut targetnya 56. 077 orang /hari sedang khusus untuk Kota Binjai, kita punya target 1.216 orang /hari. Dengan adanya penambahan tempat pelaksanaan vaksinasi dan tim vaksinator kita harap dapat membantu mencapai target vaksinasi di Kota Binjai, kata Sugianto.

Adapun daftar lokasi pelaksanaan vaksinasi tahap III adalah RS Artha Medica, RS Al - Fuadi, RS Bangkatan, RS Sylvani, RS Bidadari, RS Ratu Mas, RS Latersia, RS Raskita, RS Kesdam Rumkit, RS OG Hospital, Klinik Polres.

Selain itu Puskesmas Rambung, Puskesmas Kebun Lada, Puskesmas Tanah Tinggi, Puskesmas H AH Hasan, Puskesmas Binjai Kota, Puskesmas Binjai Estate, Puskesmas Bandar Senembah, dan Puskesmas Jati Makmur.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021