Kepolisian Daerah Sumatera Utara mengatakan 3.039 warga setempat telah mengikuti vaksinasi COVID-19 melalui program Gerai Vaksin Presisi.

"Polres dan polsek jajaran sudah menindaklanjuti pembuatan Vaksin Presisi tersebut," kata dia Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi di Medan, Selasa (6/7).

Ia menyebutkan Kapolda Irjen Pol R.Z. Panca Putra Simanjuntak telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran polres dan polsek untuk membuka Gerai Vaksin Presisi guna memfasilitasi masyarakat yang belum disuntik vaksin COVID-19.

Baca juga: Presiden ingin penyuntikan vaksin capai 5 juta dosis per hari

Polda Sumut menindaklanjuti perintah Kapolri dan telah mendirikan 41 gerai itu yang terdiri atas 23 gerai polres, 17 gerai polsek, dan satu gerai faskes dengan jumlah warga yang telah divaksin 3.039 orang.

"Gerai Presisi tersebut tidak dipungut biaya atau gratis bagi masyarakat yang ingin mendapatkan suntikan vaksin COVID-19," ujarnya.

Selain itu, Gerai Vaksin Presisi juga berlaku untuk seluruh elemen masyarakat tanpa syarat domisili sehingga warga yang beralamat di manapun dipersilakan datang ke kantor polisi terdekat untuk mengikuti vaksinasi.

Baca juga: Pemkot Medan genjot target penerima vaksinasi COVID-19

"Masyarakat silakan datang yang belum vaksin cukup bawa KTP saja. KTP se-Indonesia," ucapnya.

Ia menjelaskan Gerai Vaksin Presisi didirikan sebagai upaya mempertahankan kemampuan vaksinasi satu hari sejuta demi terwujudnya kekebalan komunal.

Polda Sumut telah mewujudkan program sehari satu juta vaksin pada 26 Juni 2021 menjelang Hari Bhayangkara ke-75, sedangkan hingga saat ini kegiatan tersebut terus ditindaklanjuti.

"Gerai Vaksin Presisi ini sebagai upaya Polri dalam mempertahankan kemampuan vaksinasi satu juta per hari serta meningkatkan target berikutnya," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021