Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menggelar vaksinasi COVID-19 massal bagi pelayan publik di daerah itu seperti tenaga pendidik dan rohaniwan.dalam upaya menekan peningkatan penyakit menular tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungsitoli, Wilser Napitupulu, Jumat (25/6), mengatakan, vaksinasi massal yang dipusatkan di komplek SMA Negeri 1 Gunungsitoli tersebut sudah dimulai sejak Kamis (24/6) sebagai upaya untuk mempercepat penanganan COVID-19 di daerah itu.

"Pada pelaksanaan vaksinasi massal ini, kita ucapkan terima kasih kepada jajaran Kodim 0213/ Nias serta Polres Nias yang telah berkolaborasi dengan tim percepatan penanganan Covid19 dari Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli," katanya.

Baca juga: Pemkot Gunungsitoli dorong percepatan pengelolaan keuangan desa

Ia mengatakan, proses vaksinasi akan terus dilaksanakan hingga mencapai target dari pemerintah pusat sebanyak dua puluh ribu lebih sasaran.

"Pemkot Gunungsitoli saat ini telah memvaksin lebih dari empat ribu orang, dan setelah ini, akan dilaksanakan vaksinasi massal untuk kalangan pedagang dan supir," katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan ada beberapa kendala yang dihadapi tim dalam pelaksanaan vaksinasi massal, salah satunya ada sebagian peserta yang sudah dijadwalkan tidak datang.

Hal tersebut disebabkan oleh misinformasi terkait jadwal vaksin, peserta tidak percaya dengan vaksinasi COVID-19, peserta trauma terhadap sesuatu hal sehingga tidak percaya diri dan takut untuk divaksin dan peserta tidak bisa ikut karena mengidap penyakit tertentu.

"Vaksinasi di komplek SMA Negeri 1 Gunungsitoli dibagi dalam beberapa kelompok, dan dibutuhkan 13 ruangan. Serta vaksinasi tetap berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya.

 

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021