Sebanyak 141 calon mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan menjalani tes kesehatan yang merupakan salah satu tahap seleksi yang harus diikuti setiap calon mahasiswa baru.

Ketua Pelaksana Penerima Mahasiswa Baru (PMB) Jhon Kedan, di Medan, Senin (14/6)  mengatakan, setelah lulus dari seleksi tes akademik melalui CAT (Computer Assisted Tes) dan wawancara, calon mahasiswa baru yang mengikuti pendaftaran melalui jalur Umum selanjutnya mengikuti pemeriksaan kesehatan.

Mereka nantinya yang lulus akan mengisi formasi untuk tiga program studi yaitu penyuluhan pertanian berkelanjutan, penyuluhan perkebunan presisi dan teknologi produksi tanaman perkebunan.

Baca juga: Polbangtan Medan edukasi kelompok tani jamur tiram pengendalian hama

Untuk mematuhi protokol kesehatan dimasa pandemi, maka setiap calon mahasiswa baru yang berada di luar Sumatera Utara melaksanakan tes kesehatan di daerah wilayah asal masing-masing.

Pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan 8 hingga 11 Juni 2021 itu dilakukan oleh dokter rumah sakit pemerintah di daerah asal seperti Kabupaten Nias, Aceh, Sumbar, Jambi, Sumsel, Riau  dan Kepulauan Riau.

Untuk yang berada di Propinsi Sumatera Utara diluar Nias, calon mahasiswa baru melakukan tes kesehatan di RSUD Pirngadi Medan yang dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis dan diikuti 117 peserta.

Hasil dari tes kesehatan telah diterima oleh panitia  Sabtu 12 Juni 2021 dengan hasil secara umum kesehatan dalam batasan normal dan beberapa calon dianjurkan untuk memeriksa lebih mendalam kesehatannya pada poli mata, THT, jantung dan poly bedah sesuai rekomendasi yang diberikan. 

"Hasil dari tes Kesehatan Calon mahaiswa dari kabupaten Nias dan Propinsi Lainnya akan diperoleh pada hari ini Senin 14 Juni 2021 dapat dilihat dari hasil scan file yang dikirimkan pada email yang telah disiapkan," katanya.

Adapun pemeriksaan yang dilaksanakan meliputi Fisik Diagnosis yang terdiri dari tinggi badan, berat badan, tensi/nadi, gigi dan mulut, mata, THT, bedah, kulit dan kelamin, dan psikiatri/ kejiwaan. 

Laboratorium terdiri dari darah rutin, urine rutin, fungsi Ginjal, fungsi hati , SGOT/SGPT, HBsAg,  EKG (Rekam Jantung), Rontgen dan Narkoba, serta Tes fisik jasmani terdiri dari push-up dan sit up.

 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021