Pangkalan Angkatan Laut Tanjungbalai Asahan (Lanal TBA) ditunjuk sebagai Lanal terbaik dan terpilih mewakili Armada I untuk ikut lomba penilaian Lanal terbaik seluruh TNI Angkatan Laut. 

Hal itu diungkapkan Dankolat Armada I, Kolonel Laut (P) Teguh Prasetya saat turun ke Mako Lanal TBA di Jalan Tanjungberombang Asahan Mati, Kab Asahan, untuk asistensi dan pendampingan persiapan penilaian, Kamis (27/5). 

Menurut Dankolat, Lanal TBA terpilih karena memiliki kriteria terbaik dari aspek operasi, latihan, material, logistik, personel dan aspek secara umum. Demikian juga mencakup tugas pokok Danlanal yang mendukung fungsi pelayanan KRI ataupun hal lain yang menyangkut kegiatan Angkatan Laut di wilayah Lanal TBA. 

"Pada pertengahan Juli 2021, Tim dari Mabesal bersama Dankolat akan turun ke Lanal TBA untuk melakukan penilaian secara langsung," ujar Kolonel Laut (P) Teguh Prasetya.

Dankolat yang pernah menjabat sebagai Danlanal TBA 2017 menegaskan bahwa Danlanal TBA saat ini, Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory adalah komandan yang terbaik dari Danlanal sebelumnya karena bisa meneruskan estafet tongkat komando dan menjalin sinergitas dengan instansi dan satuan samping.

"Danlanal TBA saat ini juga dapat bergandengan tangan dengan pemerintah daerah sangat baik. Kita berharap Lanal TBA mampu menjadi Lanal terbaik se TNI AL," kata Kolonel Laut (P) Teguh Prasetya.

Komandan Lanal TBA, Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory menyatakan bahwa seluruh prajurit yang bertugas di Lanal TBA siap untuk melaksanakan materi penilaian dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh. 

"Saat ini seluruh prajurit dalam kondisi kesiapan dan kewaspadaan dalam menjalankan tupoksi Pangkalan," kata Robinson.

Dengan beberapa alasan, Saufi Simangunsong atas nama masyarakat Tanjungbalai percaya dan optimis Lanal TBA bisa meraih juara 1 dalam lomba Lanal terbaik se TNI AL.

"Lanal TBA saat ini jauh lebih transparan, membaur kepada masyarakat, membangun sinergitas antar instansi, menjaga keamanan laut serta respon dan cepat terhadap laporan masyarakat terkait penyelundupan TKI, barang ilegal dan juga narkoba," kata Saufi.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021