Belasan angkutan umum dan mobil pribadi yang datang dari luar Kota Medan terjaring razia gabungan di posko penyekatan larangan mudik pada H-1 Lebaran di kawasan Medan Tuntungan, Jalan Jamin Ginting Medan, Rabu (12/5). 

Puluhan penumpang yang terjaring razia diminta oleh tim gabungan terdiri dari petugas TNI/Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP untuk melakukan prosedur yang telah ditetapkan.

Setiap penumpang harus menjalani cek suhu tubuh. Bagi yang memiliki suhu di atas 37 derajat Celcius harus menjalani tes swab antigen.

Baca juga: H-1 Lebaran petugas penyekatan mudik di Tapsel putar balik delapan mobil

"Dari puluhan penumpang dites swab antigen, tidak ada seorang pun yang positif COVID-19. Mereka bisa melanjutkan perjalanan ke Medan," terang Erny (35), petugas Puskesmas Medan Tuntungan di lokasi.

Selain pos penyekatan di Medan Tuntungan dari arah Kabanjahe, Kabupaten Karo, terdapat dua titik pos penyekatan, yakni kawasan Terminal Amplas, dan Simpang Kampung Lalang dari arah Kota Binjai.

Pos penyekatan jalur mudik di daerah perbatasan ini sebagai upaya mengontrol mobilitas penduduk dari luar Kota Medan guna menekan penyebaran COVID-19 menjelang Lebaran tahun ini.

"Untuk antisipasi secara keseluruhan, Mebidangro (Medan, Binjai, Deli Serdang dan Karo) tidak ditutup. Ini memang potensi tadi bagaimana wisatanya. Maka kita coba, kita tes masyarakat yang akan berwisata ke Deli Serdang," terang Wali Kota Medan, Bobby Nasution. 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021