Sopir kendaraan umum antar kabupaten yang melintas di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan dilakukan test urine. 

"Tadi ada 10 orang sopir di test urine, hasilnya semua negatif," kata Sekretaris Satpol PP Tapsel kepada ANTARA di Sipirok, Jumat (7/5). 

Pemeriksaan urine oleh Polres Tapsel itu dilakukan pada Pos Pam Ketupat Toba 2021 di Jalinsum Pal Sebelas, Angkola Timur yang bertujuan  menjaga kenyamanan keamanan berkendara. 

Baca juga: Polres Tapsel isi Ramadhan dengan baksos ke panti asuhan

"Petugas pada penyekatan mudik juga pro aktif memeriksai kendaraan yang melintas baik dari arah Gunung Tua - Padang Sidempuan - Sipirok maupun sebaliknya," ujarnya.

Petugas pos check point TNI, Polri, Disbun, Satpol PP terlebih Kesehatan melakukan kegiatan cek suhu tubuh/test antigen kepada sejumlah penumpang. 

"Meski tidak ditemukan penumpang yang positif selama pemeriksaan akan tetapi protokol kesehatan penting dijaga upaya menghindari COVID-19," katanya. 

Larangan keras mudik, katanya, sudah jelas disampaikan pemerintah melalalui Satgas COVID-19. "Karenanya penyekatan mudik 2021 pada 6 hingga 17 Mei mendatang ssangat ketat," ujarnya. 

Untuk wilayah hukum Polres Tapsel ada enam titik penyekatan dua titik di Paluta dan empat titik di Tapsel yang lokasinya cukup strategis di koridor Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yakni Aek Sijornih, Sayur Matinggi, Parsariran Batang Toru, Batu Jomba, Sipirok dan Pal XI, Angkola Timur. 

Artinya pos check point penyekatan mudik sambut libur Idul Fitri 1442 H/2021 H susah bisa lolos dari pemeriksaan disebabkan kesulitan apabila hendak mengambil jalur tikus. 

 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021