Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Wakil Bupati Darwin Sitompul dan pengurus Badan Zakat Nasional (Baznas) Tapanuli Tengah membagikan zakat kepada 500 kepala keluarga (KK) di Kecamatan Barus, Rabu (5/5) petang.

Pembagian zakat ini dipusatkan di Masjid Al-Ikhlas, Desa Bukit Patupangan, Kecamatan Barus, Tapanuli Tengah.

Disebabkan situasi masih di masa pandemi COVID-19, penyerahan zakat ini dilaksanakan secara simbolis kepada 10 orang perwakilan penerima zakat dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Ada pun besaran zakat yang diterima oleh masing-masingnya adalah Rp400.000.

Baca juga: Pemkab Tapteng akan bangun Taman Pendidikan Al-Qur'an di Kelurahan Hajoran

Dalam sambutannya, Bupati Bakhtiar Sibarani menyebutkan, bahwa zakat yang dibagikan ini adalah hasil pengumpulan zakat dari gaji Bupati dan ASN Pemkab Tapteng yang beragama Islam, bukan dari APBD Tapteng.

”Zakat ini dari gaji Bupati dan gaji seluruh ASN yang beragama Islam. Kami sebagai pemimpin mengingatkan agar kita menyalurkan zakat kita pada yang berhak menerimanya, karena di harta kita ada rezeki orang lain. Adapun zakat keluarga kami (Bupati) dari usaha dibagikan secara pribadi,“ kata Bakhtiar.

Diungkapkan Bupati, sebelum masa kepemimpinannya, dana Baznas itu cuma dapat Rp170 juta setahun, tetapi setelah di masa kepemimpinannya menjadi Rp2,4 miliar per tahun.

"Atas nama pribadi, keluarga, dan jajaran Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, saya Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani juga mohon maaf kepada masyarakat, kalau ada salah dan khilaf selama ini. Yang namanya manusia, pasti mempunyai kesalahan, dan kekhilafan. Mari kita saling memaafkan dan mendoakan, semoga kita dapat bertemu kembali pada bulan Ramadhan yang akan datang,” ucapnya.

Ditambahkan Bupati, pendistribusian zakat kepada warga yang berhak menerima terus dilakukan hingga memasuki tahun keempat masa kepemimpinannya.

"Tahun ini zakat dibagikan kepada 11.000 KK masyarakat Tapteng yang berhak mendapatkannya. Semoga ini bermanfaat, dan kita semuanya diberikan kesehatan, dimurahkan segala urusan, dilapangkan rejeki, serta panjang umur dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT," tutup Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Turut hadir di acara itu, Ketua DPRD Tapteng, Khairul Kiyedy Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Saputra Silitonga, sejumlah Anggota DPRD Tapteng, Camat Barus, Kepala Desa, serta Ketua dan pengurus Baznas Tapteng lainnya.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021