Sejumlah gereja di Kota Medan, Sumatera Utara, menggelar ibadah Misa Kamis Putih yang merupakan rangkaian Pekan Suci Paskah dengan pengamanan yang ketat. 
 
"Karena situasi kita sekarang ini, kita melaksanakan pengamanan ekstra. Untuk pengamanan internal di Gereja Katedral Medan ini kita ada berjumlah 23 orang, semuanya kita aktifkan untuk melaksanakan pengamanan," kata Koordinator Seksi Keamanan Gereja Katedral Medan, Putra Penatar Sembiring, Kamis (1/4).
 
Ia mengatakan bahwa pihak gereja tidak mengizinkan para umat membawa tas berukuran besar pada saat akan melaksanakan ibadah di gereja tersebut.

Baca juga: Tim gegana Polda Sumut periksa gereja di Langkat antisipasi teror
 
"Hanya diizinkan membawa tas kecil yang dalam arti hanya muat membawa kitab dan buku nyanyian. Sejauh ini umat kita respon dengan apa yang kita sampaikan," katanya.
 
Petugas keamanan Gereja Katedral Medan memeriksa tas umat yang akan melaksanakan ibadah Misa Kamis Putih. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)
 
Pantauan ANTARA di Gereja Katedral Medan, pengamanan dilakukan oleh petugas dari gereja dan pihak kepolisian.
 
Para petugas keamanan gereja memeriksa kendaraan baik roda dua maupun roda empat, serta barang bawaan umat yang akan melaksanakan ibadah di gereja tersebut.
 
Begitu juga di Gereja HKBP Sudirman Medan, sejumlah petugas kepolisian dengan bersenjata lengkap melakukan penjagaan di depan pintu masuk dan area gereja.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021