BPJAMSOSTEK Cabang Padang Sidempuan mengapresiasi Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan yang sejak Maret 2021 akan mendaftarkan sebanyak 1200 THL (Tenaga Harian Lepas) Non ASN di wilayah kerjanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. 

"Kami patut berterimakasih kepada Pemko Sibolga yang akan memenuhi kewajibannya sebagaimana di atur dalam Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Program Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan," kata Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Padang Sidempuan M. Syahrul dalam keterangannya diterima, Rabu (10/3).

Kesediaan Pemko Sibolga akan mendaftarkan sebanyak 1200 peserta masuk program BPJS Ketenagakerjaan diungkapkan Wali Kota Jamaluddin Pohan disela pertemuan dengan pimpinan BPJAMSOSTEK Cabang Padang Sidempuan dan Sibolga Sanco Simanullang, di Pantai Pandan, pada Senin (8/3/2021) kemarin. 

"Untuk  THL Non ASN yang tersisa lainnya akan didaftarkan untuk periode selanjutnya setelah anggarannya ditampung pada APBD Perubahan 2021 untuk dianggarkan tahun berjalan," janji Wali Kota sesuai surat diterima  BPJAMSOSTEK ungkap Syahrul.

Program perlindungan BPJAMSOSTEK tidak saja bagi THL Non PNS, tetapi semua pejabat dijajaran Pemko Sibolga termasuk yang ada di DPRD setempat. "Ini merupakan gebrakan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga yang baru dilantik Jamaluddin Pohan dan Pantas Maruba Lumban Tobing, bidang perlindungan ketenagakerjaan," jelasnya. 

Tidak itu saja, didampingi Kadis Koperasi UKM dan Ketenagakerjaan dan Kadis Kesehatan Sibolga, Runa Lamrenta Lumbang Tobing dan Firmansyah Hulu,  Wali Kota Jamaluddin saat pertemuan itu, kata Syahrul juga merencanakan akan mendaftarkan peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi sektor informal.

"Pekerja sektor informal seperti nelayan, penarik beca, pekerja parkir, petani, dan pedagang tidak akan luput menjadi perhatian Pemko Sibolga. Bagi warga Sibolga yang selama ini mendapatkan santunan kematian Rp1 juta, akan dikaji untuk mengikuti program BOJAMSOSTEK dengan santunan kematian Rp42 juta.

Luar biasanya respons cepat, Wali Kota Jamaluddin Pohan perintahkan Dinas Ketenagakerjaan membuat pertemuan dengan melibatkan seluruh OPD terkait Dinas Perizinan, Hukum, Dinsos , PU,  dan OPD terkait memperlancar program kepesertaan BPJAMSOSTEK berjalan.

Disinggung Syahrul bahwa Pemkab Tapanuli Selatan telah meraih penghargaan Paritrana Award 2019 BPJAMSOSTEK dan diserahkan oleh Presiden di 2020. Dengan harapan Sibolga bisa mengikutinya tahun ini.

BPJAMSOSTEK Cabang Padang Sidimpuan (masuk Tapanuli Selatan dan Padang Lawas Utara) sejauh ini membawahi empat BPJamsostek yakni, Mandailing Natal,  Padang Lawas, Sibolga, dan Nias.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021