Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar menggelar kegiatan "showchasing" fisik UMKM di gedung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pematangsiantar, 3-5 Maret 2021.

Sebanyak 15 UMKM binaan BI Pematangsiantar yang berasal dari wilayah Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun mengikuti kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) Tahun 2021 itu.

Berbagai jenis produk berbahan baku lokal disajikan, antara lain kuliner (makanan dan minuman/kopi), fashion (kain/pakaian), hingga kerajinan/karya.

Baca juga: Pejabat Sekda Pematangsiantar diganti lagi, kini dijabat Kabiro Administrasi Pembangunan Pemprov Sumut

Pengelola UMKM LKP Anugrah, Dewi Turnip, KKamis (4/3), menyampaikan apresiasi kepada BI yang telah membantu membesarkan dan memajukan usaha tenun ulos yang digeluti sejak tahun 2011 meneruskan usaha keluarga. 

"Kami menjadi binaan BI tahun 2017, dan sejak itu semakin berkembang," katanya. 

Kepala Kantor Perwakilan Pematangsiantar Edhi Rahmanto Hidayat mengatakan, showcasing UMKM merupakan salah satu kegiatan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021. 

Diinformasikan, Gernas BBI tahun 2020 telah berhasil melakukan onboarding 3,7 juta UMKM ke ekosistem digital atau 85 persen lebih tinggi dari target 2 juta UMKM.

Sasaran kegiatan, meningkatkan jumlah UMKM onboarding hingga 30 juta unit di tahun 2023, meningkatkan belanja pemerintah atas produk-produk UMKM lokal, dan meningkatkan peran pemerintah daerah dalam pemulihan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM.

Selain mendorong digitalisasi keuangan, UMKM yang mengikuti kegiatan diwajibkan telah memiliki QRIS, juga untuk memperkecil risiko penularan COVID-19 melalui uang tunai.

 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021