Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karo, Sumatera Utara menyebut petugas dengan peralatan penyemprotan air dari mobil pemadam kebakaran membersihkan sejumlah desa di Kecamatan Kutabuluh dari abu vulkanik Gunung Sinabung pascaerupsi pada Rabu (3/3) pagi, sekitar pukul 08.52 WIB.

Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin yang dihubungi dari Medan mengatakan beberapa desa tertutup abu vulkanik akibat erupsi lanjutan Gunung Sinabung.

Baca juga: Sinabung muntahkan lava pijar 30 kali per hari, masyarakat diimbau waspada

Ia menyebutkan, sejumlah desa yang terdampak abu Gunung Sinabung yakni Bintang Meriah, Siabang-Abang, Jinabun, Kutabuluh, Buah Raya, Kutabuluh Gugung, Laubuluh, dan Kutamale di Kecamatan Buluh.

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo pada Rabu pagi mengalami erupsi lanjutan, namun luncuran awan panas dari puncak gunung tidak teramati. 

Pada Selasa (2/3), sekitar pukul 07.15 WIB Gunung Sinabung juga mengalami erupsi ditandai dengan keluarnya awan panas dari puncaknya dengan jarak luncur 4.500 meter ke arah tenggara-timur, dengan tinggi kolom 5.000 meter.

Baca juga: Abu vulkanik Sinabung tidak ganggu penerbangan di Kualanamu

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021