Kepala Kepolisian Resor Tapanuli Utara, AKBP Muhammad Saleh mengungkapkan, pihaknya dengan tegas menyatakan dukungan terhadap program pemerintah pusat yang menjadikan Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional demi meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Kita siap mendukung penuh kebijakan pemerintah terkait KSPN Danau Toba," ujar AKBP Muhammad Saleh seperti dikutip Kasubbag Humas Polres Taput, Aiptu Walpon Baringbing di Tarutung, Sabtu (20/2).

Kata Baringbing, pernyataan pimpinan korps Tri Brata Taput itu diungkapkan saat menyambut kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno bersama rombongan di Bandara Internasional Silangit Siborongborong, Jumat, 19 Februari 2021, kemarin.

Saat itu, AKBP Muhammad Saleh bersama Bupati Nikson Nababan, dan Dandim 0210 TU Letkol Czi Roni Agus Widodo , Sambut kunjungan Menparekraf Sandiaga dan rombongan yang tiba di Silangit dengan menaiki pesawat Citilink QG-880, sekira pukul 7.50 WIB.

Baca juga: Lantik 32 pejabat, Bupati Nikson: Jangan jadi Superman, tapi super tim

Bersama Menparekraf Sandiaga turut hadir Panji Gunardi, Hinca Panjaitan, Yoga Sugama Aden, Hanifan Fuadi Fathil Mubin, Noorhadi sadli, Fachreza sandi putra, R. Bimo Dwi lambang, Fachrul Rozi, Difa raksa Annisa, Irhamna Ilham Muaz, Rizki Rizal, dalam rombongannya.

Setelah rombongan tiba, Kapolres mengalungkan Selempang hasil kerajinan tangan masyarakat taput kepada menteri, Dirjen dan Anggota DPR RI  yang bertuliskan "Polri  Presisi" (Pemolisian prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan) . 

"Penyambutan tersebut merupakan bentuk dukungan penuh pemerintah daerah, Polri dan TNI atas kebijakan pemerintah pusat yang menjadikan Danau Toba menjadi KSPN," sebut Walpon.

Menurut kutipan pernyataan AKBP Muhammad Saleh yang disampaikan Walpon, dukungan dan kebersamaan seluruh stakeholder yang ada sangat dibutuhkan dalam mempercepat realisasi Program KSPN Danau Toba sebagai semangat besar Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia.

Sebagaimana diketahui, pemerintah pusat telah menetapkan kawasan wisata Danau Toba sebagai salah satu KSPN super prioritas yang dikembangkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. 

Sektor pariwisata diharapkan menjadi sektor andalan untuk mendatangkan devisa, membuka lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal dan wisata.

Danau Toba merupakan satu dari lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas bersama Borobudur, Lombok, Labuan Bajo, serta Manado Bitung-Likupang.

"Harapan kita untuk seluruh elemen masyarakat yang berada di kawasan Danau Toba, mari kita sambut program pemerintah ini. Jangan kita sia-siakan apalagi ada riak-riak penolakan. Mari kita bersyukur bahwa ini demi masa depan anak dan cucu kita nantinya," tukasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021