Sumatera Utara tercatat terbanyak di Tanah Air yang memiliki Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) yakni sebanyak 34 tim.

"Seluruh atau 33 kabupaten/kota di Sumut sudah memiliki TPAKD dan ditambah satu Pemprov Sumut sehingga totalnya ada 34," ujar Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 5 Sumatera bagian utara (Sumbagut), Yusup Ansori di Medan, Sabtu. 

Dengan adanya TPAKD diharapkan perekonomian di provinsi itu lebih cepat membaik. 

Dia menjelaskan, Sumut termasuk tercepat dan terbanyak memiliki TPAKD secara nasional. 

Menurut dia, pada 2020 program kerja TPAKD diarahkan pada program Business Matching Akses Keuangan UMKM dan Gerakan Indonesia Menabung (GIM). 

Program Business Matching Akses Keuangan UMKM dalam pelaksanaannya memprioritaskan kegiatan fasilitasi akses Kredit Usaha Rakyat (KUR), mulai melalui pendataan UMKM potensial dalam Sistem Informasi Kredit Program (SIKP), temu fasilitasi dan sosialisasi skim KUR, serta proyek percontohan KUR Klaster. 

Proyek percontohan KUR Klaster sudah dijalankan di Kabupaten Dairi untuk komoditas kopi dan jagung di Kabupaten Tapanuli Utara. 

"Sejalan dengan upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19, pelaksanaan program perluasan akses keuangan terutama kredit UMKM tersebut terus diakselerasi pencapaiannya," ujar Yusup Ansori. 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021