Otoritas Bandar Udara Kualanamu Internasional Airport (KNIA) di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, menyatakan, penerbangan perintis siap beroperasi dengan menggunakan maskapai penerbangan Susi Air pada awal 2021.

"Untuk penerbangan perintis dari beberapa daerah di Aceh ke Kualanamu sudah operasi," kata Pelaksana tugas Manajer Komunikasi dan Hukum KNIA, Fajri Ramdhani di Medan, Kamis (28/1).

Ia menjelaskan, terdapat dua rute penerbangan perintis yang dilayani pesawat kecil berkapasitas belasan tempat duduk, diantaranya dari Bandar Udara Patiambang di Gayo Lues ke Bandar Udara Kualanamu yang tiba hari Senin setiap pekan.

Baca juga: 19 penumpang dari Singapura di Bandara Kualanamu jalani karantina

Selanjutnya, rute penerbangan perintis dari Bandar Udara Kualanamu menuju Bandara Kuala Batu di Blang Pidie, Aceh Barat Daya pergi pulang hari Rabu setiap pekan.

"Sedangkan rute penerbangan pulang dari (Bandar Udara) Kualanamu ke Bandar Udara Patiambang di Kecamatan Blangkejeren, Gayo Lues dilayani setiap Rabu," katanya.

Fajri memastikan pihaknya sebagai pengelola bandar udara telah mempersiapkan diri menjadi penghubung maskapai penerbangan baik rute domestik dan internasional.

"Jadi Kualanamu ini, bandar udara regional yang hub domestik maupun hub internasional," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021