John Ismadi Lubis terpilih sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara (Sumut) untuk periode 2021-2015.

John terpilih secara aklamasi karena merupakan calon tunggal pada Musyawarah Provinsi (Musorprov) KONI Sumut yang berlangsung di Berastagi, Kabupaten Karo, Kamis.

Baca juga: Gubernur Edy Rahmayadi buka Musorprov KONI Sumut

John dalam visi misinya menyampaikan beberapa catatan yang akan menjadi perhatian, seperti meningkatkan tata kelola organisasi olahraga prestasi bersama anggota KONI Sumut serta meningkatkan proses pembinaan atlet menuju PON XX/2021 Papua dan PON XXI/2024 yang akan digelar di Sumut dan Aceh.

Terkait pembinaan prestasi, menurut dia, ada beberapa hal yang harus dilaksanakan, diantaranya melakukan talent development guna mengembangkan atlet-atlet potensial yang dibina melalui Pelatda di KONI kabupaten/kota, Pelatda PON XX/2021 Papua dan Pelatda PON XXI/2024 Sumut-Aceh.

Selain itu, pihaknya juga akan melaksanakan training camp di dalam dan luar negeri dalam rangka mempersiapkan atlet untuk mengikuti turnamen nasional maupun internasional.

Kemudian, yang tak kalah penting adalah melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi keolahragaan, dokter, ahli gizi, psikolog, motivator dan pihak-pihak lainnya dalam upaya mempersiapkan atlet untuk mengikuti pertandingan dan perlombaan.

"Juga mengaktifkan sport inteligence untuk memetakan kekuatan dan kelemahan atlet dalam mengikuti event keolahragaan," kata John di Berastagi, Kabupaten Karo, Kamis.

Untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM), pihaknya akan meningkatkan kerja sama dengan Kemenpora, KONI Pusat, PB dan PP cabang olahraga serta sejumlah lembaga terkait. Langkah itu diambil untuk meningkatkan SDM pelaku olahraga di Sumatera Utara.

John menambahkan KONI Sumut Juga akan memperbanyak penataran, pelatihan dan sertifikasi bagi pelatih dan wasit untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang kepelatihan dan perwasitan.

"Tentu semua program yang akan disusun nanti membutuhkan kerja sama dengan semua pihak. Kami tentunya tak akan bisa bekerja sendiri tanpa bantuan dari berbagai pihak, baik pemerintah daerah, KONI kabupaten kota, Pengprov, atlet dan pelatih," pungkas John.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021