Inspektur kodam (Irdam) I Bukit Barisan Brigjen TNI Gamal Haryo Putro mewakili Pangdam I/BB menjelaskan unsur TNI dari tiga matra siap membantu Polda Sumut terkait proses pengamanan vaksin COVID-19 dan tahapan distribusinya.

"Disamping itu, TNI AD, AL dan AU di wilayah garnizum Medan juga terus dikerahkan memberikan sosialisasi penegakan disiplin protokol kesehatan pencegahan COVID-19 kepada masyarakat secara persuasif, edukatif dan humanis," ujar Gamal di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut di Medan, Jumat (8/1).

Hal tersebut dikatakan Irdam I/BB pada pada Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan COVID-19 melalui video conference dengan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Irdam menyebutkan, hal lain yang dilakukan dalam percepatan penanganan wabah COVID-19 di wilayah Sumatera Utara (Sumut) adalah dengan menyiapkan tenaga medis dan rumah sakit rujukan penanganan COVID-19.

"Salah satunya adalah Rumah Sakit Tk II Putri Hijau Medan," ujar jenderal bintang satu itu.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memimpin pelaksanaan rakor dengan didampingi unsur FKPD Sumut, yakni Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Danlantamal I Belawan Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso, Pangkosekhanudnas III Medan Marsma TNI Erson SB Sinaga, dan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting.

Salah satu materi krusial yang dibahas dalam rakor adalah terkait pendistribusian Vaksin COVID-19 dan tata cara pengamananya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021