PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Medan menyebut, Kapal Motor (KM) Kelud membawa 1.210 orang penumpang arus balik usai perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 tujuan Belawan-Batam di Provinsi Kepulauan Riau pergi pulang.

"Arus balik perdana hari ini ada 1.210 penumpang KM Kelud, baik dewasa maupun bayi menuju Batam," terang Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelni Cabang Medan, Harbin Simamora di Medan, Rabu (6/1) 

Baca juga: Pelni: Arus balik Natal dan Tahun Baru di Belawan mulai 6 Januari

Ia menerangkan, rencananya KM Kelud cuma bisa membawa 50 persen penumpang dari kapasitas total 2.607 kursi, karena pemberlakuan protokol kesehatan akibat COVID-19 akan tiba di Pelabuhan Sekupang, Batam pada Kamis (7/1) pukul 11.00 WIB.

Setelah bersandar tiga jam lamanya di Sekupang atau sekitar pukul 14.00 WIB, lanjut dia, maka KM Kelud dibangun tahun 1998 di Jerman dilengkapi dua mesin berlayar lagi menuju Terminal Penumpang Bandar Deli di Pelabuhan Belawan.

Seperti diketahui, KM Kelud hari ini pukul 8.00 WIB menurunkan 456 penumpang baik dewasa maupun bayi di Terminal Penumpang Bandar Deli usai berlayar dari Tanjung Priok-Batam-Tanjung Balai Karimun-Belawan.

"Jadi rencananya pada Jumat (8/1) pukul 13.00 WIB, KM Kelud tiba lagi di Belawan. Tepat jam 17.00 WIB, kapal ini berlayar lagi dengan tujuan Tanjung Balai Karimun-Batam-Tanjung Priok untuk arus balik kedua kalinya," terang Harbin.

PT Pelni Cabang Medan telah menyusun jadwal arus balik Natal dan Tahun Baru 2021 dengan empat frekuensi pelayaran, di antaranya tujuan Belawan-Batam pada Rabu (6/1), dan tiga lainnya Belawan-Tanjung Balai Karimun-Batam-Tanjung Priok pada Jumat (8/1), Kamis (14/1), dan Selasa (19/1).

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021