Kepala Dinas Kesehatdr.H.Nanang fitra Aulia, Sabtu (2/1) mengatakan melonjaknya warga terkonfirmasi positif COVID-19  di Tebing Tinggi berasal dari klaster dan pelaku perjalanan yang banyak dilakukan warga menjelang libur natal dan tahun baru. 

"Kami minta kepada keluarga yang dikunjungi agar melapor ke petugas kelurahan agar diperiksa kesehatanya, dan dilakukan rapid tes." katanya di kantor Dinkes Tebing Tinggi. 

Pihaknya meminta kepada pendatang harus dapat menunjukkan surat bebas Covid dari tempat asalnya, jika tidak ada dilakukan rapid tes, jika terbukti reaktif akan menjalani isolasi di TC Sosial milik Pemko Tebing Tinggi. 

Baca juga: Satgas COVID-19 Tebing Tinggi tegaskanTidak ada acara malam pergantian tahun 2021"

Namun, ujar dr.H.Nanang masih banyak keluarga yang tidak melapor, tidak dikatahui apakah membawa virus atau tidak, karena tanpa gejala.

Disampaikan dr.H.Nanang selain pendatang juga pelaku perjalanan orang Tebing Tinggi yang berpergian ke luar kota, pulang kembali tanpa melakukan pemeriksaan juga bisa membawa Covid 19

Untuk itu diharapkan guna menekan angka COVID-19 di Tebing Tinggi mari dijaga bersama-sama dan jangan takut memeriksaan kesehatan kepada petugas yang sudah disiapkan, yang penting lapor dulu ke petugas kelurahan. 

"Mari dijaga dan dipatuhi protokol kesehatan, memakai masket, mencuci tangan dan menghindari kerumunan dan menjaga pola hidup sehat dan bersih, maka akan terhindar dari COVID-19,"ujar Nanang.
 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021