Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal memastikan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap digelar pada tanggal 4 Januari 2021.

Kabar terbaru terkait perkembangan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar siswa di tengah pandemi Corona ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Mandailing Natal, Drs Gong Matua Nasution kepada ANTARA, diruang kerjanya, Selasa (29/12).

Baca juga: Masa liburan, Satgas ingatkan penyedia jasa wisata terapkan protokol kesehatan

Gong menyebut, pemberlakuan sekolah tatap muka ini sesuai dengan SK 4 menteri diantaranya adalah Menteri Pendidikan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri.

"Rekom dari tim gugus tugas penanganan COVID-19 Madina dan Peraturan Bupati tentang tata cara panduan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di TK, Paud, SD dan SMP juga sudah keluar, KBM di Madina akan dilaksanakan pada tanggal 4 bulan Januari 2021," ujarnya.

Gong menyebut, penetapan jadwal proses belajar ini sebelumnya telah dirapatkan dengan Satgas COVID-19. Selain itu sosialisasi dan monitoring juga telah dilakukan kesekolah-sekolah terkait kesiapan sekolah dalam proses belajar tatap muka itu.

"Dalam proses belajar tatap muka nanti pihak sekolah akan menerapkan protokol kesehatan seperti menyediakan masker, tempat cuci tangan, jaga jarak dan para siswa nantinya juga akan dilakukan pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan thermogun," katanya.

Namun, apabila sewaktu-waktu disatuan pendidikan yang terkonfirmasi COVID-19, lanjut Gong, kegiatan belajar ini juga bisa sewaktu-waktu ditutup kembali.

Terkait kesiapan sekolah atas pelaksanaan proses belajar tatap muka ini, Kepala SMP Negeri 2 Siabu, Defrion dan Kepala SD Negeri 401 Zulfahmi menyebutkan, pihaknya sudah menyiapkan alat-alat protokol kesehatan seperti masker, tempat cuci tangan dan ruangan kelas juga sudah disiapkan dengan satu meja satu orang murid.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020