Sejumlah produk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) di kawasan Tapanuli mulai dipasarkan secara "online" (daring)

Community Development (CSR) Manager TPL, Ramida Siringoringo di Porsea, Sabtu, mengatakan, produk UMKM binaan TPL seperti madu, keripik pisang Toba, bubuk masakan andaliman sudah semakin dikenal masyarakat.

Untuk itu, katanya, TPL terus mendorong agar produk yang dihasilkan memenuhi standar dan termasuk bisa dijual melalui daring mengikuti perkembangan zaman.

Baca juga: PT TPL perbaiki jalan di Desa Pardomuan

"Agar bisnis UMKM melalui Shopee berjalan lancar dan sukses, TPL terus memberi pelatihan kepada UMKM binaan di Kabupaten Toba, Simalungun, Samosir, dan Humbahas, walau melalui webinar ," ujarnya.

Webinar produk Aku Cinta Indonesia antara TPL, UMKM binaan TPL, dan Shopee ini menampilkan pembicara Marulam Panggabean, SpPD-KKV,Sp.JP, dokter spesialis penyakit dalam) yang menyampaikan soal bahaya COVID-19.
.
Kemudian Dr Nurmala Kartini Panjaitan Sjahrir, motivator dan pemerhati UMKM Indonesia dengan moderator Dr Amanda Katili Manager The Climate Reality Project Indonesia, Bagus Wardhana & Khoiruddin dari Shoppee penjualan digital di Indonesia.

Pandemi COVID-19, ujar Ramida Siringoringo memang memberi dampak yang besar termasuk mempengaruhi ekonomi.

"Jadi harus terus mencari peluang dan penjualan secara daring adalah salah satu solusi.Termasuk menjaga agar tidak tertular COVID-19, " katanya.

TPL sendiri, katanya, terus menjalankan komitmen untuk hadir memberikan kontribusi, serta mendukung pemberdayaan masyarakat khususnya pelaku UMKM yang menjadi mitra binaan perusahaan.

"Langkah TPL mendukung UMKM juga merupakan wujud dukungan terhadap program Aku Cinta Produk Indonesia, " katanya.

Ketua Asosiasi UMKM Kabupaten Toba, Marandus Sirait. mengapresiasi langkah TPL yang membina dan mendukung UMKM untuk menjalankan bisnis melalui daring.

"Asosiasi berharap terus mendapat dukungan dari TPL dan sebaliknya UMKM anggota asosiasi memanfaatkan ilmu yang diberikan dan menjalankan bisnisnya secara serius," ujar Maradus pengusaha produk Andaliman dan Madu Taman Eden di akun Shopee.

Marandus Sirait optimistis produk UMKM di wilayah Tapanuli berkembang didorong perkembangan destinasi wisata Danau Toba.
 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020