PT Bumi Sawit Permai, sebagai anak usaha Sinar Mas Agribusiness and Food bersama Koperasi Tiara Sawit Permai yang terletak di Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan, melakukan penandatanganan perjanjian kredit dengan PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk (BRI) untuk program peremajaan sawit rakyat (PSR) di Gedung CoHive Uptown, Jakarta Pusat. 

Kemitraan strategis ini membantu 84 petani swadaya mendapatkan dana pembiayaan peremajaan sawit lebih dari 60 Miliyar, termasuk penyediaan bibit, pupuk dan pendampingan teknis untuk total luasan kebun sebesar 511 hektar.
“Tahun ini kami telah melakukan perjanjian kredit dengan total nilai lebih dari 210 milyar dengan 504 petani swadaya di Sumatera Selatan.

Diharapkan dengan adanya perjanjian kredit ini, dapat memudahkan petani swadaya dalam melakukan peremajaan sawit sehingga kedepannya produktivitas kebun dan kesejahteraan mereka bisa meningkat”, jelas Iswanto Nadjaja, CEO Perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food wilayah Sumatera Selatan. 
Saat ini, industri kelapa sawit Indonesia ditopang oleh kurang lebih 40% petani sawit rakyat. Dengan 
jumlah tersebut, petani sawit rakyat merupakan sebuah potensi yang besar untuk membantu 
meningkatkan produktivitas kelapa sawit nasional.

Namun demikian, ada beragam tantangan yang 
ditemui, antara lain kondisi tanaman sudah berumur diatas 25 tahun dengan tinggi lebih dari 15 meter, yang menyebabkan menurunnya hasil TBS 10-15 ton/hektar/tahun dan rendahnya 
pendapatan petani yang mencapai Rp 1.000.000 – Rp 1.500.000/bulan/hektar. Oleh karena itu 
dibutuhkan sebuah program kemitraan yang mampu meningkatkan kesejahteraan terutama petani sawit rakyat di Indonesia.

Program peremajaan kelapa sawit yang terintegrasi dan berkelanjutan (closed loop business model)melalui Perusahaan Mitra (bertindak sebagai off taker), Bank, Koperasi dan Pemerintah dinilai sebagai sebuah model pengembangan yang tepat, untuk memberikan harapan baru bagi para petani sawit 
rakyat di tanah air. Program ini bertujuan untuk meremajakan kebun kelapa sawit petani swadaya 
dengan areal ± 2 juta hektar dengan menggunakan bibit unggul dan bersertifikat serta melakukan 
praktek agronomi yang baik dan perusahaan mitra sebagai off taker.

Dengan demikian diharapkan hasil Tandan Buah Segar meningkat mencapai 23 – 25 ton/hektar/tahun sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani.

Sementara itu Satria Prana Idbariza, Ketua Koperasi Tiara Sawit Permai mengungkapkan, “Kami bersyukur dengan kemitraan strategis yang terjalin antara koperasi, Sinar Mas Agribusiness and Food, dan BRI untuk membantu para petani mendapatkan pembiayaan peremajaan kebun sawit. Selain itu, perusahaan juga membantu kami menyediakan bibit unggul bersertifikat, mengelola kebun dengan praktik agronomi yang baik, menyesuaikan harga TBS dengan harga Dinas Perkebunan, serta sertifikasi lahan dan sertifikasi sawit berkelanjutan (ISPO dan RSPO).

”Proses peremajaan dengan standar perkebunan yang baik juga membutuhkan waktu yang cukup 
panjang, terutama dalam melengkapi dokumen perizinan, dokumen kemitraan dan kebutuhan 
dokumen pembiayaan untuk perbankan. Oleh karena itu pentingnya peranan dan dukungan dari 
semua pihak, termasuk dari pemerintah untuk merealisasikan program ini. Salah satu peran penting pemerintah adalah menetapkan kebijakan yang dibutuhkan untuk mendukung Program Peremajaan Sawit Rakyat. Kebijakan tersebut mencakup penyediaan Kredit Usaha Rakyat khusus untuk kelapa sawit dengan persyaratan yang mudah diakses petani, pola kemitraan yang teritegrasi dan berkelanjutan yang menguntungkan petani.

Kolaborasi yang baik antara petani, pemerintah, 
perbankan dan Perusahaan Mitra Usaha Strategis (off taker) diharapkan dapat meningkatkan 
kesejahteraan hidup petani kelapa sawit, pahlawan pangan kita.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020