Penjabat sementara (Pjs) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Medan, Ny Dian Rumondang Arief meminta kader PKK menyosialisasikan Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 27/2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

"Saya minta kepada seluruh kader PKK agar dapat menjadi agen sosialisasi Perwal No.27/2020, dan dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk mengajak mereka mematuhi protokol kesehatan. Tidak hanya saat beraktivitas di luar rumah, tapi juga sebelum memasuki rumah, dan bertemu keluarga," kata Dian di Medan, Rabu.

Hal tersebut disampaikan Pjs Ketua TP-PKK Kota Medan dalam kegiatan sosialisasi Perwal Medan No.27/2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Kondisi Pandemi COVID-19 dan Gebrak Masker TP-PKK Kota Medan di Halaman Kantor Camat Medan Petisah, Jalan Iskandar Muda.

Baca juga: PKK Sumut salurkan bantuan untuk korban banjir di Tebing Tinggi

Ia melanjutkan Pemkot Medan telah menerbitkan perwal yang berisikan anjuran dan aturan protokol kesehatan, yakni melakukan cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun, lalu memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

PKK, terangnya, merupakan mitra kerja pemerintah daerah, dan sejalan dengan Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No.440/3592/BPD tertanggal 24 Agustus 2020 tentang Keterlibatan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Dalam Perubahan Perilaku Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

"Hakekat pembangunan nasional adalah pembangunan manusia seutuhnya, dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya. Hal tersebut akan terwujud apabila kesejahteraan keluarga dan masyarakat dapat dilaksanakan dengan baik, antara lain melalui gerakan PKK," jelas dia.

Di hadapan Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan Chairunisa Mozasa, Camat Medan Petisah Agha Novrian, para lurah, pengurus dan kader PKK se-Kecamatan Medan Petisah, Ny Dian menambahkan, selain melakukan sosialisasi perwal, TP-PKK juga melakukan gebrak masker.

"Gebrak masker adalah kegiatan untuk membagikannya ke masyarakat. Tujuannya adalah memotivasi agar seluruh masyarakat senantiasa menggunakan masker saat beraktivitas guna mencegah diri dari terpapar COVID-19," tuturnya.

Camat Medan Petisah, Agha Novrian, sebelumnya mengapresiasi TP-PKK Kota Medan, karena telah memilih Kecamatan Medan Petisah sebagai lokasi digelarnya kegiatan gebrak masker. "Saat ini, kita semua tengah berupaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Dengan kegiatan ini, kita berharap pandemi COVID-19 dapat segera berakhir," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020