Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Utara mulai membagikan alat pertanian bantuan COVID-19 untuk petani di kabupaten/kota setempat.

"Alat pertanian itu sudah disalurkan ke lima kabupaten/kota di Sumut dan daerah lainnya menyusul," ujar Kepala Seksi Pupuk, Pestisida dan Alsintan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut, Heru Suwondo di Medan, Rabu (25/11).

Lima daerah yang sudah mendapat bantuan alat pertanian itu yakni Kabupaten Asahan, Batubara, Padanglawas, Padanglawas Utara dan Padangsidimpuan.



Di Kabupaten Batubara, bantuan yang diserahkan kepada perwakilan Dinas Pertanian itu berupa 600 cangkul, 250 garu, 200 parang, dan 35 kereta sorong (angkong).

Di Kabupaten Asahan, juga dibagikan 600 cangkul, 250 garu, 200 parang dan 45 angkong.

"Bantuan handsprayer segera juga didistribusikan," katanya usai menyerahkan bantuan alat pertanian tersebut di Batubara.

Kepala Bidang Sarana Prasarana Pertanian Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut, Jonni Akim Purba, mengatakan, bantuan ke masing-masing daerah berbeda sesuai kebutuhan kelompok taninya.

Dengan sudah mulai disalurkan, ujar Jonni Akim, diyakini penyaluran alat pertanian yang bersumber dari dana refocusing APBD 2020 Tahap II bisa rampung akhir November.

 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020