Community TB Care Ssr Aisyiyah Langkat adakan capacity building komunitas desa, di Desa Karang Gading Kecamatan Secanggang, Senin (23/11), yang di ikuti kader TB dan seluruh kepala dusun yang ada di Desa Karang Gading.

Rizki Reza sebagai Kordinator TB mengatakan bahwa pembentukan capacity building ini sebagai langkah awal pembentukan komunitas desa yang pendanaannya akan di serahkan ke Desa Karang Gading.

Kepala Desa Karang Gading Hairurohman menyambut baik program yang dilakukan oleh Aisyiyah Langkat serta berjanji kepada Aisyiyah untuk dapat menganggarkan Komunitas TB dan Kader TB di anggaran Desa Karang Gading.

Baca juga: Kejaksaan Negeri Langkat periksa 30 orang dalam dugaan korupsi dana BOK

Soerkani menjelaskan bahwa penanggulanggan TB di Langkat harus dilakukan secara serius dan meminta kepada pemerintah daerah untuk lebih peduli terhadap penanggulangan TB di desa.

Bayangkan kalau satu desa di Langkat positif 10 pasien maka total positif TB berjumlah 2.400 orang.

Ini sangat tinggi untuk satu kabupaten dan meminta kepada stokeholder untuk peduli terhadap tubercolosis yang ada di Kabupaten Langkat.

Acara penguatan capasity building ini dilaksanakan selama dua hari 23 -24 November 2020 di Desa Karang Gading, dan Kelurahan Stabat yang dibiayai oleh SSR Aisyiyah Langkat.

Sedangkan untuk desa-desa yang lainnya di Langkat perlu support dari Dinas Kesehatan Langkat dan pemerintah desa sehingga Langkat di tahun 2024 bebas TB bisa terwujud sesuai dengan visi dan misi Bupati Langkat.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020