Ikatan Keluarga Alumni Universitas Andalas (IKA Unand) Sumatera Utara segera menggelar musyawarah daerah (musda) menyusul sudah berakhirnya periode kepengurusan sebelumnya.

"Kita akan menggelar musda guna memilih kepengurusan baru untuk periode 2021-2025 yang rencananya dilaksanakan pada 9 Januari 2021," ujar Ketua Panitia Pelaksana Musda II IKA Unand Sumut, Ir. Novrial Amran, M.Eng, saat memimpin rapat panitia di Palanta Coffee Jalan STM Ujung No 70 Medan, Sabtu (14/11) sore.

Terkait mekanisme palaksanaan musda sendiri, menurut Novrial, akan ditentukan kemudian, apakah akan digelar secara "offline" (tatap muka) atau "online" (daring).

Baca juga: Ikatan Alumni Unand gelar silaturahim nasional di Medan

"Nanti kita lihat dulu kondisinya seperti apa, baru akan kita tentukan. Demikian juga dengan tempat pelaksanaannya jika kita memutuskan digelar secara offline," katanya.

Pada kesempatan yang juga dihadiri Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) IKA Unand Sumut periode 2016-2020, dr. Yulizar, Sp.M, dan sejumlah panitia lainnya itu telah ditetapkan bahwa peserta utusan musda adalah tiga orang dari unsur Dewan Penasihat DPD IKA Unand Sumut, lima orang dari unsur DPD IKA Unand Sumut, serta masing-masing tiga orang perwakilan dari tujuh DPC IKA Fakultas Unand Sumut.

Adapun tujuh DPC IKA Fakultas Unand Sumut yang berhak mengutus wakilnya menjadi peserta sekaligus memiliki hak suara dalam musda adalah Fakultas Pertanian, Kedokteran, Teknik, Peternakan, Hukum, Ekonomi, dan Fakultas MIPA.

"Disamping itu juga ada peserta biasa yang merupakan seluruh anggota IKA Unand Sumut yang telah terdaftar, serta peserta peninjau yang berasal dari unsur DPP IKA Unand dan undangan/organisasi lain. Hanya saja mereka ini hanya memiliki hak bicara dan tidak memiliki hak suara," jelas Novrial Amran.

Terkait proses pencalonan Ketua DPD IKA Sumut periode 2021-2025, dr. Yulizar, Sp.M menjelaskan bahwa pendaftaran dibuka dua pekan sebelum pelaksanaan musda.

"Calon ketua diusulkan oleh DPC IKA Fakultas, dimana masing-masing DPC hanya dapat mengusulkan satu orang calon. Pendaftaran ditutup sehari menjelang pelaksanaan musda," jelasnya.

Menyusul telah ditetapkannya tata tertib dan jadwal pelaksanaan musda, maka selanjutnya DPD segara akan menyurati DPP, Dewan Penasihat, dan juga DPC-DPC IKA Fakultas Unand Sumut.

"DPD IKA Unand Sumut segera menyiapkan surat-suratnya," ujar Yulizar.

Pewarta: Riza Mulyadi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020